Home KE-NUan Jaring Jurnalis Muda, BEM STAINU Pacitan Adakan Diklat Jurnalistik

Jaring Jurnalis Muda, BEM STAINU Pacitan Adakan Diklat Jurnalistik

169
0
SHARE

Pache News, Pacitan – Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam NU (STAINU) Pacitan bekerjasama dengan Jaringan Alumni STAINU (JasNU) mengadakan kegiatan Diklat Jurnalistik, Ahad (30/10). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kampus setempat.

Presiden Mahasiswa (Presma) STAINU, Rojihan, mengatakan, Diklat ini digelar dalam rangka mendorong dan menumbuhkan budaya literasi di kalangan mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini merupakan sarana menjaring bibit-bibit jurnalis muda yang kelak dapat meramaikan dunia jurnalistik di Pacitan.

“Ini merupakan moment berharga. Baru kali ini BEM STAINU menyelenggarakan kegiatan Diklat Jurnalistik semacam ini. Mudah-mudahan nanti akan lahir jurnalis-jurnalis muda yang potensional,” katanya dihadapan peserta diklat.

Mahasiswa smester V STAINU itu berharap, Diklat Jurnalistik ini tidak hanya berhenti dan selesai pada hari itu saja, namun akan berlanjut dengan kegiatan Follow Up secara berkala agar kemampuan menulis para mahasiswa semakin terasah.

Diklat menghadirkan pemateri Pimpinan Redaksi Pachenews.com, Zaenal Faizin. Dihadapan 11 peserta diklat, dia menyampaikan tentang dasar-dasar ilmu jurnalistik. Menurutnya, dewasa ini mahasiswa tidak hanya cukup dengan belajar saja, namun juga harus terjun mengamati, memberi masukan dan kritik sosial kepada masyarakat melalui sebuah tulisan.

Menjadi seorang jurnalis, lanjutnya, merupakan sebuah profesi yang menyenangkan. Pasalnya, selain bertugas menyampaikan informasi kepada masyarakat, jurnalis juga mudah berbaur dan dekat dengan berbagai lapisan masyarakat.

“Menjadi jurnalis itu menyenangkan, sebab kita akan mengenal  banyak orang dengan berbagai karakternya,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, peserta diklat diberi wawasan seputar teknik penulisan sebuah berita, mulai dari mencari sebuah informasi, pengumpulan bahan, mengedit, memberi judul tulisan, hingga tulisan layak disebarkan kepada khalayak. (Mawan/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here