Home Nusantara Seni Budaya “Nguri-uri” Bahasa Jawa, Pemuda Klepu Giatkan Latihan Berpidato

“Nguri-uri” Bahasa Jawa, Pemuda Klepu Giatkan Latihan Berpidato

114
0
SHARE

Pache News, Pacitan– Dalam rangka “Nguri-uri” dan mendorong generasi muda agar dapat berpidato menggunakan Bahasa Jawa, para pemuda Dusun Klepu, Desa Katipugal Kecamatan Kebonagung, melalui wadah Karang Taruna mengadakan latihan pidato bahasa jawa di kediaman Kepala Dusun setempat, pada Jum’at (11/11) malam.

Kepala Dusun Klepu, Iskandar, sangat mengapresiasi kegiatan latihan pidato bahasa jawa ini. Ia mengatakan bahwa bahasa jawa merupakan bahasa identitas masyarakat Pacitan. Namun, katanya, saat ini para pemuda banyak yang kurang mengetahui tentang tata bahasa jawa dan merasa kurang percaya diri bila berkomunikasi mengggunakan bahasa jawa.

“Bahasa jawa sudah mulai hilang, pemuda sebagai generasi penerus harus bisa berpidato memakai bahasa jawa khususnya di Dusun Klepu ini,” katanya dihadapan 10 peserta.

Ia berharap kebiasaan menggunakan bahasa Jawa harus ditanamkan sejak dini. Generasi muda, lanjutnya, harus  menjadi penerus dalam mengembangkan pidato bahasa jawa mulai dari hal terkecil, seperti membuka acara yasinan hingga acara pernikahan.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Very Handika mengatakan bahwa latihan berpidato menggunakan bahasa jawa merupakan agenda rutin yang akan dilakukan dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa jawa.

“Sekarang ini jarang sekali orang bisa berpidato menggunakan bahasa jawa. Oleh sebab itu, kegiatan ini nantinya akan terus berlanjut, agar pemuda tidak melupakan bahasa jawa yang menjadi bahasa daerahnya,” katanya.

Latihan berpidato ini dimulai pukul 19.00 hingga pukul 20.00. Selain dihadiri oleh Kepala Dusun Klepu dan Ketua Karang Taruna, hadir pula tokoh masyarakat dan peserta latihan. (Red Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here