Home Nusantara Seni Budaya Pemuda Diajak Teladani Semangat Juang Jenderal Soedirman, Seperti Apa?

Pemuda Diajak Teladani Semangat Juang Jenderal Soedirman, Seperti Apa?

119
0
SHARE

Pache News, Pacitan – Dalam  rangka  memperingati Hari Pahlawan 10 November dan memeriahkan  Napak  Tilas  Rute  Gerilya  Panglima  besar  Jenderal Soedirman,  Dewan  Pemimpin  Daerah  (DPD)  Komite  Nasional  Pemuda  Indonesia  (KNPI) Pacitan,  menggelar  kegiatan  kemah  bhakti Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman.

Kegiatan  ini  berlangsung selama  tiga  hari, mulai 8 hingga 10 November  2016 lalu, bertempat di kawasan monumen panglima besar Jenderal Soedirman, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan.

Peserta  kegiatan berasal dari organisasi kepemudaan di Pacitan, diantaranya adalah GP Ansor NU, PMII, IPNU-IPPNU, Banser NU, HMI, GMNI, Pemuda Pancasila, dan unsur kepemudaan lainnya.

Salah seorang pengurus KNPI, Bambang mengatakan, melalui kegiatan kemah bhakti ini diharapkan dapat menambah semangat kesatuan pemuda dan dalam rangka menghargai jasa-jasa  pahlawan yang telah berjuang mempertahankan bangsa dan negara.

“Tujuan kemah bakti ini adalah untuk mengembangkan potensi kepemudaan. Kegiatan diisi dengan beragam acara, seperti dialog OKP, pemutaran film Soedirman, dan konser religi  dari Jogja  YJDS,” jelasnya.

Sementara puncak kegiatan kemah bhakti diakhiri dngan upacara Hari Pahlawan 10 November. Upacara  diikuti  oleh  personal  gabungan  Kodim  0801, Polres  Pacitan, perwakilan mahasiswa,  dan para pelajar. Hadir pula anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono, Bupati Pacitan, beserta jajaranya.

Pada kesempatan itu, Ibas, sapaan  Edhie  Baskoro  Yudhoyono mengatakan, melalui peringatan napak tilas gerilya Jenderal Sudirman, diharap dapat menjadi pelajaran bagi penerus bangsa agar selalu semangat dalam berjuang dan berkarya untuk membangun negeri.

Menurutnya, sebagai generasi penerus wajib hukumnya mendoakan jasa para pahlawan yang telah bejuang dengan susah payah untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

“Panglima besar Jenderal Sudirman telah memberikan teladan dan contoh kongkrit agar kaum muda memiliki semangat juang, menjadi pemimpin masa depan, bekerja  keras, dan berkarakter kuat,” tutur putera Presiden ke-6 RI itu.

Sementara itu, Bupati Pacitan, Indartato, menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan  sebagai cermin atau  refleksi tentang  pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan dengan terus bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa.

Sebagai tanda berakhirnya kegiatan Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman, dilakukan penyerahan replika tandu Jenderal Soedirman kepada Bupati Pacitan. Replika tandu Jenderal Soedirman tersebut merupakan hibah dari yayasan Jendral Soedirman center untuk Kabupaten Pacitan.(Nilin Farida/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here