Home Nusantara Sosial Jangan Kerdilkan Wawasan Karena tak Pernah Berdiskusi

Jangan Kerdilkan Wawasan Karena tak Pernah Berdiskusi

117
0
SHARE

Pache News, Pacitan– Diskusi merupakan ruh dan bagian terpenting dalam berorganisasi. Semakin sering berdiskusi, maka wawasan akan semakin bertambah luas dan pemikiran tak akan menjadi kerdil.

Demikian rumus yang digunakan pengurus komisariat perguruan tinggi (PK PT) IPNU IPPNU Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan, untuk menggerakkan kadernya agar selalu bersemangat dalam menambah wawasan.

Seperti yang dilakukan pada Ahad (13/11) pagi, sejumlah pelajar NU dari berbagai komisariat dengan antusias mengikuti kegiatan follow up, untuk meningkatkan kepekaan pola pikir dan kapasitas kader.

Ketua PK PT IPNU STAINU Mawan Hardianto mengatakan, kegiatan diskusi berkala dianggap penting bagi kader IPNU IPPNU. Sebab ketika sudah memutuskan terjun di organisasi, maka para kader harus bisa membekali diri dengan berbagai wawasan dan keilmuan. “Berdiskusi merupakan bagian dari proses berorganisasi,” ucapnya di kampus STAINU Pacitan.

Karena dengan seringnya melakukan diskusi, maka akan semakin menambah wawasan, menjalin silaturahm, bertukar pengalaman, sharing, dan juga bisa mengetahui bagaimana sebenarnya sejarah organisasi yang sedang mereka diikuti.

Terlebih, organisasi yang diikuti adalah organisasi pengkaderan seperti IPNU IPPNU. Sehingga dengan berdiskusi, maka akan semakin paham bagaimana sejarah, peran, dan kontribusi IPNU IPPNU.

Dalam diskusi kali ini, menghadirkan Ketua IPNU Pacitan periode tahun 2005, Anas Sugianto, sebagai pemateri. Dalam paparanya, Ia berharap besar kegiatan follow up atau diskusi ini jangan sampai berhenti dalam satu kesempatan saja, akan tetapi harus terus berlanjut.

“Diskusi semacam ini harus diagendakan minimal setiap 3 minggu sekali agar wawasanya semakin terasah,” katanya.

Anas yang kini diamanahi memimpin PAC GP Ansor Pacitan kota itu menyampaikan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan IPNU IPPNU, diantaranya adalah terkait sejarah IPNU IPPNU dari sejak berdirinya hingga sekarang.

Ia juga menyampaikan seputar sejarah berdirinya IPNU IPPNU di Pacitan dan perjuangannya para pengurus terdahulu dalam membesarkan organisasi pelajar NU itu.

Diskusi diakhiri dengan membahas tentang bagaimana caranya mempertahankan organisasi ini agar tidak tinggal nama saja serta membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan pengkaderan, pengalaman, kepemimpinan dan ekonomi.(Mawan/ Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here