Home Nusantara Sosial GP Ansor Nawangan Terjun Bersihkan Sisa Terjangan Longsor

GP Ansor Nawangan Terjun Bersihkan Sisa Terjangan Longsor

94
0
SHARE

Pache News, Pacitan – Bencana tanah longsor yang terjadi di daerah Nawangan beberapa hari lalu menyisakan kesedihan bagi para korban. Betapa tidak, bangunan rumah yang mereka tempati kini banyak yang rusak, bahkan ada juga yang rata dengan tanah.

Kesedihan para korban longsor juga dirasakan pula oleh masyarakat Pacitan. Oleh karena itu, beberapa hari terakhir ini berbagai jenis bantuan datang silih berganti dari elemen Masyarakat Pacitan.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor NU Nawangan, pada Ahad (27/11) terjun ke lokasi musibah longsor di desa Sempu, Nawangan. Mereka mengadakan bakti sosial, dengan melakukan aksi bersih-bersih di beberapa titik yang terkena longsor.

Selain itu, mereka juga memberikan bantuan berupa logistik, seperti beras, minyak, gula, dan mie instan. Pemberian bantuan diserahkan secara simbolis oleh ketua GP Ansor NU Nawangan Purwanto dan Satkoryon Banser Musthofa kepada para korban longsor.

Ketua GP Ansor NU Nawangan, Purwanto menyampaikan bahwa  sudah selayaknya sebagai sesama umat islam hendaknya saling membantu, tolong-menolong, terlebih kepada saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah. “Walaupun bantuan yang diberikan tidak seberapa setidaknya bisa meringankan beban para korban longsor,” katanya di lokasi longsor.

Ia berharap, para korban yang sedang tertimpa musibah tanah longsor senantiasa diberi kesabaran, ketabahan dan berharap dapat melakukan kegiatan seperti biasa.

Selain memberikan bantuan logistik, GP Ansor NU Nawangan saat ini juga masih melakukan aksi penggalagan dana untuk para korba tanah longsor di desa Sempu Nawangan. Mereka membuka donasi  melaui rekening 646001005914537 BRI atas nama Dwi Nurcahyono.

Berikut ini daftar para korban musibah tanah longsor di Kecamatan Nawangan :

1.Katiyo (55 tahun) Dusun Wadang Rt 01 Rw 11, kondisi dapur hancur tertimpa longsoran dengan kerugian sekitar Rp. 8 juta.

2. Panimin (50) Dusun Tanggung Rt 02 Rw 16, dapur bagian belakang jebol kerugian sekitar Rp. 5 juta

3. Muswadi (35) Dusun Tanggung Rt 02 Rw 16, rumah hancur bagian samping hancur, dua motor unit motor tertimbun material longsoran, saat ini korban mengungsi ketempat saudara yang lebih aman kerugian sekitar Rp. 50 juta, kategori rusak berat.

4. Tumi (60) Dusun Tanggung Rt 01 Rw 16, rumah hancur kerugian sekitar Rp. 10 juta, yang bersangkutan mengungsi ke tempat anaknya yang lebih aman, kategori rusak berat.

5. Siti (53) Dusun Jajar Rt 03 Rw 13 rumah rata dengan tanah saat ini yang bersangkutan mengungsi ketempat saudara, kerugian sekitar Rp. 30 juta, kategori rusak berat .

6. Jani (60) seorang nenek tuna netra dari Dusun Jajar Rt 03 Rw 13 rumah rata dengan tanah, saat kejadian yang bersangkutan hampir tertimpa longsoran, saat ini yang bersangkutan mengungsi ke tempat saudara, kerugian ditaksir sekitar Rp 20 Juta, kategori rusak berat.

7. Sogi RT 02/04 Dusun Paugeran

8. Yahmi RT 02/02 Dusun Krajan.

(Dwi Nurcahyono/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here