Home Nusantara Sosial Selama Sebulan, Mahasiswa STAINU Pacitan Mengabdi di Desa

Selama Sebulan, Mahasiswa STAINU Pacitan Mengabdi di Desa

182
0
SHARE

Pache News, Pacitan –  Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan kembali menerjunkan mahasiswa semester VII ke beberapa Desa di Kabupaten Pacitan. Mereka ditugaskan untuk mengabdikan diri kepada masyarakat selama satu bulan penuh, melalui program Kuliah Kerja Nyata atau KKN.

KKN STAINU Pacitan dilaksanakan mulai tanggal 5 hingga 30 Desember 2016. Mahasiswa  yang mengikuti KKN berasal dari program studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Ekonomi Syariah, dan program program beasiswa Madrasah Diniyah (Madin).

Pada tahun akademik 2016-2017, KKN STAINU Pacitan mengangkat tema “Islam Nusantara Melalui Pendidikan Ahlussunnah Wal Jamaah”. Adapun lokasi KKN tersebar di beberapa kecamatan di Pacitan, diantaranya Kec. Pacitan, Kec. Punung, Kec. Donorojo, Kec. Dan Pringkuku.

KKN STAI NU Pacitan adalah program intra akademik yang bobotnya 4 SKS sebagai syarat menyelesaikan Program S1. KKN STAINU Pacitan mempunyai tujuan yakni pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berbasis Ahlussunnah wal jamaah. Sebagaimana yang tercantum di Tri Darma Perguruan Tinggi.

Sementara itu, salah satu desa yang ditempati mahasiswa KKN STAINU Pacitan adalah Desa Sekar, Kecamatan Donorojo. Demikian rilis yang dikirim oleh salah satu Mahasiswa KKN kelompok 07, Rojihan, kepada Pache News, pada Senin (6/12).

Dalam acara serah terima mahasiswa KKN kepada pemerintah Desa Sekar,  Dosen Pembimbing, Anang Wahyu dan Puguh Ikhsan, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pemerintah desa setempat, yang telah menerima mereka dengan baik.

“Kami ucapkan terimakasih kepada kepala desa khususnya, karena telah mengizinkan mahasiswa kami unutuk melaksanakan KKN ini. Dan kami menyerahkan semuanya kepada masyarakat desa sekar ini kususnya Bpk. Miswandi selaku kepala desa Sekar, dalam mengarahkan mahasiswa kami untuk menjalankan program KKN ini.” tuturnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Sekar, Miswandi, menyambut baik program KKN STAINU Pacitan yang dilakukan di Desanya. Ia sangat berharap, mahasiswa KKN dapat turut memaksimalkan dan mengembangkan potensi yang berada di desa Sekar. Mulai dari segi pendidikan, perekonomian, pariwisata, dan budaya.

“Kami sangat berharap dengan adanya KKN ini bisa membantu atau memaksimalkan potensi di masyarakat. Karena disini ada budaya ceprotan, kotek lesung, pariwisata, keagamaan yasinan rutin setiap malam jumat. Dan dalam segi pendidikan, disini juga ada pembelajaran Madin,  MI, SD, MTs, SMP terbuka dan lain-lain. Supaya mahasiswa bisa membantu hal tersebut lebih maju “ tuturnya. Red: Zaenal Faizin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here