Home Nusantara Seni Budaya Mahasiswa Diminta Bisa Merubah Perilaku dan Pola Pikir Masyarakat

Mahasiswa Diminta Bisa Merubah Perilaku dan Pola Pikir Masyarakat

108
0
SHARE

KKN STAINU Pacitan

Pache News, Pacitan –Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAINU) Pacitan  yang mengangkat tema “Islam Nusantara melalui Pendidikan Ahlusunnah Wal Jamaah”, menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa. Dengan tema itu, mereka diharap dapat mewarnai wajah pendidikan dan budaya islam nusantara di tengah masyarakat.

Seperti rilis yang dikirim  oleh Rojihan, mahasiswa KKN kelompok  07, di Desa Sekar, Kecamatan Donorojo. Pada Rabu (7/12) lalu, Mahasiswa KKN telah menggelar rapat bersama jajaran Pemerintah Desa setempat dalam rangka menyusun program kerja selama satu bulan,  yang akan fokus pada kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial dan budaya.

Dalam rapat pembentukan program kerja tersebut, Kepala Desa Sekar Miswandi, mengajak kepada para mahasiswa KKN untuk turut memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui ceramah keagamaan pada kegiatan Yasinan yang rutin di gelar tiap seminggu sekali.

Miswandi menyebut, mahasiswa KKN telah dibekali dengan berbagai disiplin ilmu dari kampus STAINU Pacitan sehingga dianggap bisa merubah perilaku dan pola pikir masyarakat melalui wawasan amaliyah Ahlusunnah Wal Jamaah yang disisipkan pada acara keagamaan tersebut.

Selain itu, rapat menyepakati program kerja berupa kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar bersama masayarakat desa setempat. Kegiatan maulid nabi ini merupakan kegiatan yang diperingati secara turun temurun oleh masyarakat.

Di Dusun Ngrijang, Desa Sekar, setiap keluarga dengan kesadaran sendiri membuat satu makanan tumpeng nasi uduk dan ingkung ayam kampung. Setiap kepala keluarga biasanya membawa nasi tumpeng dan ingkung ayam ke rumah tokoh masyarakat atau masjid di kampung tersebut.

Melihat tradisi yang sudah bertahan puluhan tahun ini, mahasiswa KKN STAINU Pacitan diharap pula dapat menpelajari kebudayaan masyarakat setempat, sehingga program pengabdian yang mereka lakukan benar-benar saling membawa manfaat. Red: Zaenal Faizin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here