Home Nusantara Sosial Dikukuhkan, Ini Tiga Tanggungjawab Pengurus Baru PMII Pacitan

Dikukuhkan, Ini Tiga Tanggungjawab Pengurus Baru PMII Pacitan

122
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pacitan masa khidmah 2016-2017 dilantik oleh Ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Jawa Timur, Zaenuddin. Pelantikan dilakukan di gedung Karya Dharma, Pacitan, Sabtu (4/2) sore.

Ketua PKC PMII Jawa Timur Zaenuddin mengucapkan selamat dan sukses atas dikukuhkanya para pengurus baru PC PMII Pacitan.

Dia berpesan kepada para pengurus dan kader PMII agar dapat bersinergi dengan Pemerintah untuk menjadi motor penggerak dalam membangun daerahnya.

Pacitan, menurutnya, memiliki potensi dan sumber daya alam yang begitu besar. Oleh karenanya, kader PMII diminta bisa mengisi ruang-ruang strategis agar dapat membawa Pacitan lebih maju lagi, khususnya dalam bidang pariwisata dan industri.

“PMII Pacitan tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan, untuk bisa mampu mengembangkan dan berpartisipasi dalam pembangunan daerahnya,” katanya.

Zaenuddin menyampaikan tiga hal yang menjadi tanggung jawab bersama bagi kader PMII Pacitan. Pertama, kader PMII harus mampu bisa mengembangkan kecerdasan spiritual yang ada dalam dirinya.

“Yaitu tidak lain adalah rutinitas keagamaan, maupun harus mampu bisa mengasah kecerdasan spiritual dalam konteks beriman kepada Allah SWT,” katanya.

Kedua, harus mampu mengembangkan kecerdasan intelektual. Kader PMII mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan literasi keilmuan dan intelektualitas.

“Sehingga mampu membekali diri menyiapkan gagasan-gagasan dalam mengaktualisasikan gerakan yang konkret, khususnya dalam berkontribusi di tengah masyarakat Pacitan,” imbuhnya.

Ketika, lanjutnya, kader PMII diharap bisa mengasah kecerdasan emosional. Yaitu hubungan horizontal sosial antara kader dengan para alumni.”Kita harus bisa menguatkan kembali tali silaturrahmi antara kader dengan alumni, alumni dengan kader.” ujarnya.

Apa yang menjadi kendala dan hambatan dalam menjalankan amanah organisasi dapat didiskusikan bersama dengan para alumni. Sehingga nanti akan terwujud solusi yang tepat untuk pengembangan organisasi.

Pengurus baru PMII Pacitan yang dilantik ini merupakan hasil Konferensi Cabang (Konfercab) ke IX PMII pada 5-6 November 2016. PMII Pacitan dipimpin oleh Winaryo sebagai Ketua Umum dan Furi Ari Maryani sebagai ketua Kopri PMII.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan bersama pengurus komisariat di lingkungan PC PMII Pacitan. Komisariat yang dilantik adalah komisariat Ki Ageng Petung, komisariat Mangku Bumi dan komisariat Bakri Hasbullah.

Selain dihadiri oleh puluhan kader dan alumni, pelantikan dihadiri Wakil Bupati Pacitan, Wakil Sekjend PB PMII Atik, Ketua Mabincab Zaenal Arifin, Ketua IKA PMII M Zafri Wicaksana, perwakilan organisasi kepemudaan di Pacitan, dan tamu undangan lainya. (Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here