Home Nusantara Religi Dalam Islam, Kasih Sayang Bisa Diungkapkan Tiap Waktu

Dalam Islam, Kasih Sayang Bisa Diungkapkan Tiap Waktu

59
0
SHARE

Pache News, Pacitan – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pacitan Aris Mashudi mengatakan, kalangan remaja banyak yang salah kaprah dalam memaknai dan menyikapi hari Valentine. MUI Pacitan menghimbau agar mereka tidak ikut-ikutan memperingati dan merayakanya.

“MUI Pacitan mengharapkan kepada generasi muda islam untuk tidak perlu ikut-ikutan merayakan hari valentine ini. Tetapi disilahkan untuk memperingati hari kasih sayang seperti yang diajarkan agama islam,” katanya saat ditemui Pache News di Pacitan, Senin (13/2).

Dalam ajaran Islam, lanjutnya, makna kasih sayang memiliki arti yang sangat luas dan tak terbatas.”Setiap hari kita bisa mengungkapkan rasa kasih sayang itu. Dimulai dari anak kepada orang tua, adik dan kakak dan lain sebagainya, dengan cara cara yang islami dan tidak melanggar hukum syar’i agama Islam,” katanya.

Terkadang karena pemahaman tentang ajaran agama yang dangkal, membuat sebagian kalangan tidak mengetahui dampak yang ditimbulkan dari merayakan hari Valentine.

Untuk menjaga agar umat muslim terhindar dari pengaruh yang negatif yang diakibatkan karena Valentine tersebut, maka MUI Jawa Timur telah mengedarkan surat tentang hukum haramnya merayakan hari Valentine, sesuai dengan surat yang dibuat pada tanggal 7 Januari 2017.

MUI memiliki tanggung jawab moral terhadap kehormatan ahlak generasi muda Islam. Merayakan Valentine, menurutnya, tidak akan membawa kemanfaatan, tetapi justru dapat membawa ke arah kemungkaran dan kerusakan.

“Merayakan hari valentine bagi umat islam sangatlah merugikan, karena dampaknya sangat buruk. Apalagi bagi kalangan pelajar, karena uang saku untuk membeli coklat, bunga dan hadiah lainnya masih minta kepada orang tua,” ujarnya nada perihatin. (Mawan Hardiyanto/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here