Home Uncategorized JQH NU Khatamkan Al Qur’an 30 Juz untuk Keberkahan Masyarakat Pacitan

JQH NU Khatamkan Al Qur’an 30 Juz untuk Keberkahan Masyarakat Pacitan

108
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Sejumlah kegiatan digelar untuk memperingati dan memeriahkan Hari Jadi Pacitan yang ke 272, salah satunya adalah kegiatan keagamaan berupa Khatmil Quran bersama Jami’yyatul Qurra’ Wal Khuffadz (JQH NU) yang digelar Jumat pagi (17/2)  di Halking Pendopo Kabupaten Pacitan.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jami’yyatul Qurra’ Wal Khuffadz, Ustad Nasrudin dengan membaca surat Al-Fatihah. Sebanyak 30 Qori’ hadir dalam acara tersebut, untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran dengan khusyuk.

Acara tersebut dimulai pada pukul 06.00 hingga selesai pada pukul 16.00. Pembacaannya dilakukan dengan sistem semaan, setiap qori’ membaca satu juz.

Salah satu qori’, Ustad Malik saat diwawancarai Pache News mengatakan bahwa kegiatan semacam ini mengandung nilai yang sangat positif.

Ia berharap Khatmil Quran ini bisa membumi di seluruh kabupaten Pacitan, dan tidak hanya dilaksanakan pada saat momentum Hari Jadi Pacitan saja, tetapi perlu dilaksanakan pada tiap hari-hari besar Islam agar lantunan ayat suci Al-Quran ini bisa berkumandang di kota Pacitan yang di juluki kota 1001 goa ini.

“Bukan hanya itu saja, tetapi Jami’yyatul Qurra” Wal Khuffadz ini mengharapkan semua masyarakat Pacitan mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar,”katanya.

Sementara itu, Ustad Agus Sofyanudin yang juga anggota Jami’yyatul Qurra’ Wal Khuffadz ini mengatakan hal yang sama yaitu Khatmil Quran ini diharap bisa membumi di tanah pacitan.

Harapan dari semua anggota Jami’yyatul Qurra’ Wal Khuffat yaitu lantunan ayat suci Al-Quran ini mudah-mudahan bisa menjadi doa untuk kota Pacitan, karena Al-Quran itu merupakan kalamullah dan bacaan yang mulia, serta menginginkan Pacitan menjadi kota yang aman, tentram, damai, sejahtera,  dan jauh dari segala apa yang tidak diinginkan.

IMG-20170217-WA0014

Khatmil Quran ini merupakan agenda yang digelar rutin dua kali dalam satu tahun, yaitu pada saat peringatan HUT RI dan Hari Jadi Pacitan. Kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Kementerian Agama Pacitan.

Acara ini ditutup dengan pembacaan juz yang ke tiga puluh secara bersama-sama dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ustad Khoirul Huda, dan diakhiri dengan bacaan doa yang dipimpin oleh KH Abdullah Sadjad.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pacitan Indartato menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota Jami’yyatul Qurra’ Wal Khuffadz yang telah membantu memeriahkan Hari Jadi Pacitan ini.

Hadir pula dalam acara tersebut, Wakil Bupati Yudi Sumbogo serta jajarannya, dan kepala UPT se- Kabupaten Pacitan.(Mawan Hardianto/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here