Home Uncategorized Rutin Sosialisasi, Polres Pacitan Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar

Rutin Sosialisasi, Polres Pacitan Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar

49
0
SHARE

Pache News, Pacitan – Sebagai salah satu upaya untuk terus bermitra dengan masyarakat, Polres Pacitan mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan dan dampak narkoba (Narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya) kepada para pelajar tingkat SLTP dan SLTA/Sederajat yang diselenggarakan di aula Lembaga Penyantunan Yatim Piatu (LPYP) Darussalam yang terletak di Barean, Sidoharjo, Pacitan pada Jum’at (17/2) sore.

Kbo Binmas Polres Pacitan Iptu Agus Irianto memaparkan manfaat dan mudharatnya narkoba. “Banyak orang mempermasalahkan tentang narkoba. Sesungguhnya narkoba itu ada manfaatnya, yaitu untuk kesehatan orang yang memerlukan, baik dalam operasi sesar menggunakan narkoba sebagai obat bius karena jelas begitu orang disuntik pakai narkoba seluruh rasanya hilang tidak sadarkan diri,” tuturnya.

Selain mengandung manfaat, imbuhnya, narkoba juga mengandung banyak mudharatnya. ”Mudharat dari narkoba itu sendiri adalah apabila disalahgunakan maka hukumnya haram, akan merugikan pemakai secara fisik. Mereka akan merasa ketergantungan dan juga melanggar hukum UU No.35 tahun 2009, UU No.5 tahun 1997 dan UU No.36 tahun 2009. Selain itu ada beberapa ayat dalam al-quran dan hadits yang melarang mengkonsumsi hal-hal yang memabukkan atau narkoba salah satunya Qur’an Surat Al-Maidah 5:90,” urainya.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui apakah seseorang pernah mengkonsumsi narkoba.” Yaitu dengan cek, diambil darahnya dan dites, tes urine dan tes darah yang diambil. Jika hasilnya positif berarti pemakai narkoba,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, para pelajar diberi pembekalan, pengenalan mengenai istilah atau bahasa –bahasa jenis narkoba seperti ganja, putaw atau heroin, opium, morfin dan sabu-sabu.

”Obat-obatan terlarang itu memiliki pengaruh yang besar bagi pemakai dapat mempengaruhi perasaan, pendengaran yang berefek konsentrasi hilang, denyut jantung meningkat, kehilangan keseimbangan, rasa gelisah dan panik. Dapat juga menyebabkan depresi, stres atau hilang keseimbangan, dapat menyerang pemakainya secara cepat pada fisik atau mental, menjadi ketergantungan secara mental hingga dapat berujung kematian,” tandasnya.

Untuk lebih mengenalkan tentang jenis narkoba, Polres Pacitan juga membawakan contoh nyata jenis-jenis narkoba yang diamankan dalam kotak kaca.

Diharapkan para pelajar dapat mengenal istilah tersebut, hingga mereka tidak terjebak atau minimal mereka dapat menghindarinya.

Sosialisasi ini diikuti santriwan dan santriwati di LPYP Darussalam. Dalam acara itu, pengasuh LPYP juga turut mendampingi. Mereka menyimak dengan penuh antusias dan memahami paparan materi yang diberikan anggota Polisi dan Polwan itu.

Sementara itu, pengasuh LPYP Darussalam Khoirul Anwar berharap, dengan terbebasnya generasi muda dari bahaya narkoba, maka mereka akan menjadi generasi penerus yang berakhlak dan akan memiliki masa depan yang lebih baik.

Mengingat saat ini ada syarat pendidikan ataupun yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan adanya tes bebas narkoba. Oleh karena itu, para pelajar harus bersih dari narkoba. Dan mereka memiliki kesempatan dan peluang besar untuk mencapai cita-citanya

Usai sosialisasi, Anggota polisi dan polwan memberikan berbagai pertanyaan seputar narkoba dengan hadiah yang telah dipersiapkan sabagai apresiasi bagi yang benar menjawab. Mereka sangat antusias saling berebut menjawab.(Nifa/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here