Home Kolom Kembalinya PMII Menjadi Banom NU akan Ditentukan di Kongres ke-XIX

Kembalinya PMII Menjadi Banom NU akan Ditentukan di Kongres ke-XIX

141
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam indonesia (PB PMII) dalam tempo dekat ini akan menggadakan forum permusyawaratan tertinggi dalam organisasi tingkat nasional yakni kongres ke-XIX.

Namun hal tersebut secara resmi belum ada pemberitahuan khusus. Menurut kabar angin yang beredar, kongres akan diadakan pada 2-6 Mei 2017 mendatang. Kongres ke-XIX ini akan membahas tentang penetapan anggaran dasar, anggaran rumah tangga, rekomendasi-rekomendasi tentang kepengurusan berikutnya, laporan pertanggung jawaban pengurus yang akan demisioner, serta penentuan ketua umum PB PMII.

Selanjutnya, menurut informasi ada sekitar 26 orang yang akan mencalonkan diri menjadi ketua umum, dan 8 orang akan mencalonkan diri menjadi ketua Kopri (Badan semi otonom PMII).

Hingga saat ini masih belum jelas yang akan menjadi ketua umum dan ketua kopri selanjutnya, dikarenakan belum ada yang bisa mendasari sikap memilih tentang ini sebab persiapan dan kongres ini bersifat bebas tertutup dan rahasia.

Tentang laporan pertanggungjawaban pengurus yang akan demisioner kemungkinan akan ada penolakan, mengacu pada kongres-kongres yang telah usai, itu disebabkan pandangan orang berbeda-beda.

Yang menjadi penting adalah tentang pembahasan penetapan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga akan menjawab pertanyaan besar tentang kembalinya PMII menjadi badan otonom NU.

Penenentuan ini akan menjadi sejarah baru. Sebenarnya dari dulu PMII meskipun menentukan sikap ke-interpendensi terhadap NU tidak ada yang meragukan ke-NU-an PMII itu sendiri, dikarenakan PMII dilahirkan dari NU dan tetap menjaga budaya dan kultur NU.

“Tentang kembalinya PMII menjadi Badan otonom NU kemungkinan besar akan disahkan pada kongres dan juga kemungkinan besar banyak yang mendukung itu, dikarenakan efeknya tidak terlalu besar jika PMII mengambil sikap itu, toh tentang PMII kembali menjadi Badan otonom NU bukan PMII yang meminta, tapi permintaan NU sendiri dari hasil sidang komisi muktamar NU ke-33 Di-Jombang,” ujar Ketua Umum PC PMII Pacitan.(Yazid Al Busthomy/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here