Home ISLAM NUSANTARA Perdalam Pemahaman Fiqih, Ansor Pucangsewu Rutin Kaji Kitab Sullam Taufiq

Perdalam Pemahaman Fiqih, Ansor Pucangsewu Rutin Kaji Kitab Sullam Taufiq

105
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Puluhan kader GP Ansor Ranting Pucangsewu, Pacitan melakukan kajian rutin kitab syarah Sullam Taufiq karangan salah seorang ulama Nusantara Syekh Nawawi Al Bantani. Pengajian tersebut merupakan agenda rutin dua mingguan.

Menurut Ustadz Malikul Ruhil ‘Adzim, pengajian yang digelar tiap Senin malam ini bertujuan untuk semakin memperdalam pemahaman terkait persoalan fiqih sehingga dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

“Tujuan utama dari pengajian ini untuk meningkatkan khazanah keilmuan ilmu agama khususnya ilmu fiqih,” tutur Pak Malik, sapaan akrabnya kepada Pache News, Rabu (22/2).

Kitab Sullam Taufiq ini memuat berbagai permasahalan fiqih, baik tentang Ibadah, dan tidak ketinggalan juga membahas tentang seputar Ilmu Tauhid Dasar.

Pak Malik melanjutkan, pengajian ini dilakukan dengan model safari, yaitu  dari satu satu rumah ke rumah yang lain. Selain diikuti oleh kader GP Ansor, pengajian ini juga dibuka untuk masyarakat yang ingin menambah pengetahuan tentang ilmu fiqih.”Pengajian ini juga mengikutsertakan masyarakat yang kerso,” imbuhnya.

Alumni Pesantren Tremas Arjosari itu menjelaskan, metode pengajian yang dilakukan ini bukan sekadar mendengarkan pengkaji, namun ada sesi tanya-jawab dan diskusi. Hal itu menambah suasana menjadi hidup.

Kegiatan semacam ini merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh warga NU. Namun demikian, tujuan dari diadakanya pengajian ini untuk lebih meningkatkan tali silaturahmi para kader GP Ansor di lingkungan Ranting Pucangsewu, Pacitan.

“Yang terpenting lagi untuk meningkatkan semangat juang para kader Ansor Ranting Pucangsewu, yang Insyaallah seumur-umur baru bisa kami bentuk. Dan semua ini murni usulan dari anggota,” pungkas Pak Malik.

Pembukaan pengajian perdana kitab Sullam Taufiq digelar di Rumah Ustadz Malik, RT 01 RW 02 Lingkungan Tukluk Pucangrejo, Kelurahan Pucangsewu berlangsung lancar. Puluhan kader dengan antusias mendengarkan berbagai penjelasan seputar masalah kekinian yang disarikan dari kitab tersebut.(Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here