Home Nusantara Seni Budaya Indah, Festival Rebana di Pesantren Kikil Bawa Misi Indonesia Damai

Indah, Festival Rebana di Pesantren Kikil Bawa Misi Indonesia Damai

172
0
SHARE

Pache News, Arjosari – Pemukulan bedug oleh Pimpinan Pesantren Al Fattah Kikil Arjosari KH Burhanuddin HB menandai dibukanya Festival Rebana Klasik tahun 2017 se-Kabupaten Pacitan tingkat SD/MI dan umum yang digelar oleh Jamaah Pengajian Sanggar Jubah di Komplek pesantren setempat, Sabtu (25/2).

Tidak kurang dari 40 Grup Rebana Klasik dari berbagai Sekolah, pesantren, Jamaah Pengajian dan Masyarakat umum dari Wilayah Kabupaten Pacitan turut ambil bagian dalam festival ini.

Pengasuh pesantren Al Fattah Kikil KH Burhanuddin HB dalam sambutan pembukaannya berharap kegiatan festival ini dapat membawa manfaat sebagai salah satu upaya terus meningkatkan persatuan di kalangan seniman Muslim Pacitan.

“Semoga dengan shalawat dan seni menjadi perekat persatuan. Sekaligus menjadi bukti bahwa islam itu indah dan damai,” tutur Kiai Burhan dihadapan ratusan peserta yang hadir.

FB_IMG_1488018397926

Pimpinan jamaah pengajian Sanggar Jubah Gus Hammam Fathullah mengatakan bahwa festival ini digelar dalam rangka menyemarakkan usia lima windu kebangkitan pesantren Al Fattah Kikil Arjosari Pacitan sekaligus dalam rangka Peluncuran Album kedua Jamaah Pengajian Seni Sanggar Jubah.

“Selain untuk berkompetensi, festival ini bertujuan sebagai ajang silaturrahmi antar seniman muslim pacitan,” tutur Gus Hammam kepada Pache News usai acara pembukaan.

Tahun ini, lanjut Gus Hammam, Panitia mendatangkan dewan juri yang sangat berkompeten dalam bidangnya, yaitu Gus Aminullah dari Jamiyyah Ahbabul Musthofa Yogyakarta, Rachmat Soemitro, dari Krapyak Yogyakarta dam Qin Ayudi, dari Pacitan.

Adapun aspek penilaian dalam Festival ini yakni pada bidang olah vokal, instrument dan penampilan.

FB_IMG_1488018389829

Festival Rebana klasik yang mengangkat tema “Indahnya shalawat ciptakan indonesia damai” ini akan berlangsung hingga Ahad Malam (26/2).

“Puncak acara akan diisi dengan launching album terbaru Sanggar Jubah, pengumuman kejuaraan dan pembagian medali, serta ditutup dengan pagelaran Wayang Combo,” sambungnya

Sementara itu, untuk kejuaraan Rebana Klasik tahun 2017 ini diambil Juara I, II, III dan Harapan I, II Dengan Total Hadiah 10 Juta Rupiah.(Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here