Home Nusantara Seni Budaya Dirilis, Album Kedua Sanggar Jubah Angkat Tema Cinta Tanah Air

Dirilis, Album Kedua Sanggar Jubah Angkat Tema Cinta Tanah Air

110
0
SHARE

Pache News, Arjosari – Jamaah Pengajian Seni Sanggar Jubah Pesantren Al Fattah Kikil Arjosari Pimpinan Gus Hammam Fathullah meluncurkan album kedua berjudul Hubbul Wathan Minal Iman. Ahad malam (26/2). Peluncuran album dirangkaikan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang festival rebana klasik se-kabupaten Pacitan  tingkat SD/MI dan Umum.

Menurut Gus Hammam, album yang digarapnya ini sengaja disuguhkan untuk memberikan penyegaran di tengah kondisi bangsa yang sedang mengalami degradasi rasa cinta terhadap tanah air.

Tema besar Hubbul Wathan Minal iman yang memiliki arti cinta tanah air sebagian daripada iman ini diharap mampu menumbuhkan kembali semangat kecintaan terhadap NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Cinta terhadap negara bisa diungkapkan (lewat apa saja), salah satunnya dengan seni musik islami,” tuturnya saat berbincang dengan Pache News usai acara peluncuran.

Gus Hamman yang sudah menggeluti dunia seni sejak kecil itu mengatakan, Album kedua yang dirilis Sanggar Jubah ini menggabungkan kolaborasi musik tradisional kepesantrenan, Jazz, Dangdut, Gambus dan Rock. Sebelumnya Sanggar Jubah pernah merilis album perdana pada tahun 2014.

Album ini berisikan 10 komposisi lagu shalawat, yaitu Iftitah Instrumentalia, Mars Ayo Mondok, Kun anta, Syair Golek ilmu, Hubbul Wathan Minal Iman, Sallahu ala Muhammad, Sirru Linaili, shifatullah, Shollu Alannuril, dan bongkar (Feat.OI Pacitan)

“Itulah yang menjadi dasar Sanggar Jubah menggarap arransement dan lagu-lagu yang berbeda. Memiliki unsur pepiling, namun dengan kemasan yang kreatif,” ujarnya.

FB_IMG_1488132711641

Masih kata Gus Hammam, semua lagu dalam album ini dinyanyikan dan direkam sendiri oleh para santri Pesantren Al Fattah Kikil Arjosari. Diapun merasa bangga para santri memiliki perhatian besar terhadap dunia seni.

” Siapa yang tidak suka dengan musik. Namun seyogyanya (dalam menggarap lagu) harus ada pesan dan tujuan dalam setiap nada dan liriknya,” pungkas putera kedua KH Burhanuddin HB itu.

Jamaah pengajian seni Sanggar Jubah merupakan satu-satunya sanggar seni pesantren di Pacitan yang paling aktif melakukan pementasan. Dalam setiap penampilan, Sanggar Jubah selalu menapilkan konsep pementasan yang berbeda dalam setiap penampilanya.

Acara peluncuran album kedua ini digelar di halaman pesantren Al Fattah Kikil Arjosari. Sanggar Jubah menyuguhkan lagu-lagunya di hadapan para penonton dengan apik. Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo berkesempatan hadir menyaksikan peluncuran ini.

Usai peluncuran, para penonton kemudian disuguhi dengan pagelaran seni Wayang Combo dari Tulakan, hingga berakhirnya larut malam.(Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here