Home Nusantara Olahraga Pendekar Muda Pacitan Ramaikan Festival Pencak Silat Pagar Nusa

Pendekar Muda Pacitan Ramaikan Festival Pencak Silat Pagar Nusa

503
0
SHARE

Pache News, Arjosari – Persatuan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Pacitan menggelar Festival Pencak Silat NU ke-II di Auditorium KH Bakri Hasbullah, Pesantren Al Fattah Kikil, Arjosari, Pacitan. Sabtu (11/3) sore.

Pagar Nusa merupakan wadah perkumpulan perguruan pencak silat dibawah naungan Nahdlatul Ulama.

Festival Pencak Silat NU dirangkaikan dengan peringatan usia Lima Windu Kebangkitan Pesantren Al Fattah Kikil.

Ketua Pagar Nusa Pacitan, Arif Susilo menyampaikan festival ini merupakan sebuah bentuk pembinaan prestasi, pengembangan dan penggalian tradisi lokal. Pencak silat, katanya, adalah suatu seni bela diri tradisional asli Indonesia.

“Pencak silat Pagar Nusa mengandung nilai seni, olahraga dan juga spiritual dalam wadah negara kesatuan republik Indonesia,” tuturnya.

Dijelaskan olehnya, festival ini diikuti oleh para pendekar muda yang berasal dari ranting Pagar Nusa di seluruh Kecamatan dan perwakilan Ikatan Pencak Silat Indonesia atau IPSI. Dalam kejuaraan ini, kelas yang akan perditandingkan adalah tingkat remaja.”Jadi bobot berat badan para pesilat ini antara 45 sampai 60 kg,” jelasnya.

Selain berbentuk pertandingan, Festival kali ini juga akan mengetengahkan beberapa seni jurus khas Pagar Nusa.” Jadi akan ada seni, semacam jurus tunggal pesilat standar yang dipakai di PON ataupun SEA Games,” imbuhnya.

Melalui festival pencak silat NU ini, Pagar Nusa Pacitan berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan pembinaan para atlit pencak silat. Sebab selama ini Pagar Nusa turut pula mengambil peran dalam memajukan dan memakmurkan pencak silat yang ada di Pacitan.

Pembukaan Festival Silat NU ke-II dihadiri oleh Asisten Tiga Bupati Pacitan, Drs Sakundoko, Ketua PCNU KH Mahmud, Pengasuh Pesantren Al Fattah Kikil KH Burhanuddin HB, Ketua GP Ansor Khoirul Anam, dan undangan lainnya.

Pembukaan dimeriahkan oleh atraksi dan peragaan berbagai jurus Pencak Silat yang dibawakan oleh pendekar-pendekar dari Pagar Nusa Pacitan. Festival akan berlangsung hingga Ahad Besok (12/3).(Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here