Home KE-NUan Pelajar NU Pacitan Makin Bergairah Berorganisasi, Seperti Apa?

Pelajar NU Pacitan Makin Bergairah Berorganisasi, Seperti Apa?

59
0
SHARE

Pache News, Pacitan – Sebagai implementasi visi memperkuat sistem kaderisasi dan misi mempersiapkan regenerasi kepemimpinan NU dan kader berkualitas, Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU terus menggalakkan Makesta dan pembentukan pimpinan Komisariat di tiap sekolah.

“Sejauh ini pengurus anak cabang yang berhasil dibentuk adalah PAC Sudimoro, Kebonagung, Tegalombo, dan Ngadirojo. Sedangkan Pimpinan Komisariat yang telah terbentuk berada di empat kecamatan, yaitu Pacitan, Sudimoro, Kebonagung, dan Tegalombo,” kata Pengurus IPPNU Pacitan Elis Setianingsih melalui laporan tertulisnya, Senin malam (27/3).

Sejak Kepengurusan 2014-2016, para pelajar yang bergabung dengan organisasi pelajar NU terus mengalami peningkatan yang cukup tajam. Ini merupakan capaian yang menggembirakan.” Kaderisasi di pacitan saat ini saya rasa mengalamai kenaikan. Kuantitasnya telah mencapai 700 kader,” jelasnya.

Ditambahkanya, usaha yang dilakukan Pimpinan Cabang untuk meningkatkan kapasitas kader antara lain dengan seringnya mengirim utusan untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh PC IPNU-IPPNU kabupaten lain, seperti Lakmud dan Diklatama.

“Output dari kegiatan pelatihan ini diharap mampu mencetak kader yg dapat mengembangkan sayapnya di kecamatan dan sekolah masing masing,” katanya.

Namun usaha untuk terus memperkuat basis kaderisasi bukan tidak menemui kendala. Dikatakan Elis, kendala yang terjadi antara lain berupa kesenjangan domisili pengurus dan letak geoografisnya. Sehingga cukup menyulitkan koordinasi antara Pimpinan Cabang dengan level yang berada di bawahnya.”Karena tempat tinggal pengurus pimpinan cabang yang (kebanyakan) berasal dari pedesaan yang terbilang jauh dari kota,” imbuhnya.

Disisi lain, para pengurus yang berasal dari berbagai latar belakang juga mempengaruhi pada tingkat keaktifan di organisasi.” Sering terjadi kevakuman pada pengurus harian karena latar belakang anggota yg berbeda, dan mindset para pengurus ini 60% condong berkarir,”tandasnya.

Semangat untuk memajukan IPNU-IPPNU Pacitan semakin bergairah. Pada Kepengurusan baru masa khidmat 2017-2019 ini, mimpi besarnya adalah memiliki kantor sekretariat sendiri. Sehingga keberadaan organisasi pelajar NU ini semakin tertata dengan baik.(ZaenalĀ Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here