Home Kolom Pengawasan Orang Tua Tentukan Karakter Remaja

Pengawasan Orang Tua Tentukan Karakter Remaja

65
0
SHARE

Usia remaja adalah usia yang paling rentan, karena kategori remaja awal baru berusia sekitar 14 tahun dimana pikiran-pikiran mereka mudah diracuni oleh perbuatan-perbuatan yang berbau negatif. Apalagi era sekarang berbeda dengan era dahulu. Perkembangan zaman yang makin pesat mudah mempengaruhi  pola pikir remaja zaman sekarang. Dengan itu pengawasan yang dilakukan terhadap remaja juga harus mengimbangi perkembangan zaman agar remaja-remaja tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Yang menjadi sorotan dalam pengawasan ini adalah orang tua,  sekolah, masyarakat, bisa juga Pemerintah melalui Dinas Pendidikan. Pengawasan tersebut dilakukan dengan tugas dan cara yang berbeda-beda. Orang tua mengawasi dengan pengawasan perilaku dan kebiasaan di rumah. Sekolah mengawasi dengan menyampaikan ilmu dan perilaku-perilaku baik dan juga mengharuskan untuk melakukanya di dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat dengan cara berorganisasi yaitu karang taruna ,dan pemerintah melalui pembinaan-pembinaan.

Dari pengawasan-pengawasan di atas jika dikalkulasi pengawasan dari orang tualah yang paling banyak dilakukan. Karena remaja hidup di rumah sangat lama dari pada di sekolah. Di sekolah hanya mulai pukul 07.00 sampai 13.00 itupun ada liburnya sedang di masyarakat hanya waktu-waktu tertentu. Sedangkan waktu yang paling banyak adalah di rumah. Maka dari itu orang tua harus pandai dalam pengawasan mulai dari aktivitasnya sehari-hari karena hal-hal buruk yang dilakukan remaja bisa timbul dari ajakan teman. Sehingga orang tua harus tahu kemana remaja itu pergi.

Dari kejadian kenakalan remaja yang terjadi, kebanyakan orang tua menyalahkan pihak sekolah. Padahal pihak sekolah sebenarnya sudah menyampaikan tentang perilaku baik dan bahaya menghindari pergaulan bebas. Untuk itu orang tua tidak harus menyerahkan semua dengan pihak sekolah kecuali kalau sekolah atau di pondok pesantren karena pendidikan ponpes sangatlah ketat dan selalu mengawasi setiap harinya.

Maka dari itu spirit orang tua untuk mendidik anak harus ditingkatkan supaya anak tidak terjerumus ke dalam perilaku yang tidak baik dan diharap kedepan akan menjadi generasi bangsa yang baik.

Indra, Kader PMII Pacitan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here