Home Nusantara Sosial Menjaga Kebersihan Tempat Wisata, Mengurangi Kecepatan Kematian

Menjaga Kebersihan Tempat Wisata, Mengurangi Kecepatan Kematian

137
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Tempat pariwisata adalah salah satu objek berkumpulnya masyarakat. Mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Menikmati keindahan tempat wisata diyakini dapat mengurangi tingkat stres. Tetapi semua itu bisa sirna jika dari pengunjung ataupun masyarakat tidak memperdulikan kebersihan dengan tidak menjaga tempat wisata itu dengan baik.

Seperti yang tampak di pantai Pancer Door Pacitan, Selasa sore (9/5). Objek wisata yang bendampingan dengan pantai Telengria ini masih dijumpai banyak sampah berupa bungkus makanan dan jajanan yang berserakan. Sehingga suasana pantai yang seharusnya indah menjadi tempat yang kurang enak dipandang.

Ini menunjukkan kurangnya kesadaran pengunjung saat membawa makanan dan tidak dibuang pada tempat sampah yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata. Padahal bila sampah ini dibuang pada tempatnya, maka pantai akan terlihat lebih indah, asri dan nyaman dipandang.

Lita, salah seorang pengunjung dari Yogjakarta mengatakan, pantai Pancer Door Pacitan sebenarnya memiliki pesona keindahan yang sangat menarik. Selain bisa menikmati deburan ombak laut selatan, pengunjung juga dapat belajar sejarah melalui museum dibangun tak jauh dari bibir pantai.

Namun, kunjungan pertama kalinya ke pantai Pancer Door justru disuguhi dengan pemandangan sampah yang menumpuk di bibir pantai. Sehingga dia merasa risih dengan keberadaan sampah dan kotoraan yang tidak dibersihkan itu.

Dia berharap para pengunjung yang lain dapat menjaga kebersihan pantai. Para pedagang diharap bisa mengarahkan para pembeli agar membuang bungkus makanannya di tempat sampah yang sudah disediakan.

“Harapanya para pengunjung bisa menjaga ke indahan alam ini dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga para pedagang bisa memberikan arahan atau saran kepada pembeli agar membuang plastiknya atau yang lain ditempat sampah yang sudah ada,” katanya.

Kebersihan tempat sangat penting bagi kesehatan dan berpengaruh pada kenyamanan. Terganggunya kesehatan karena disebabkan banyaknya kotoran, sampah organik maupun non organik.

Sekiranya kita saling menjaga alam agar udara yang kita hirup bisa menambah energi bukan tambah menyebabkan kurangnya energi kita. Sehingga tingkat kematian semakin banyak. (Rojihan/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here