Home Warta Nasional Kiai Luqman: Jaga Baik-baik Aqidah Ahlussunah wal Jamaah

Kiai Luqman: Jaga Baik-baik Aqidah Ahlussunah wal Jamaah

57
0
SHARE

Pache News, Arjosari- – Dihadapan ribuan santri, wali santri, dan alumni, pengasuh Pondok Tremas Pacitan KH Luqman harits Dimyathi kembali menegaskan bahwa para santri harus selalu menjaga jatidirinya sebagai seorang muslim nusantara. Yaitu orang indonesia yang beragama islam, dan bukan orang islam yang kebetulan tinggal di Indonesia.

“Para santri harus menjadi orang indonesia yang kaffah (sempurna), yaitu anak-anak Indonesia yang mencintai konstitusi negara ini, mencintai Pancasila dan UUD 1945,” kata Kiai Luqman dalam acara Haflah Akhiriddirasah dan Wisuda santri yang digelar Rabu malam (17/5) di halaman Masjid Pondok Tremas Pacitan.

Di luar sana, kata Kiai Luqman, sekarang banyak dijumpai kelompok-kelompok yang mengaku paling islami. Namun mereka meminggirkan dan mengabaikan rasa cinta terhadap tanah airnya.

”Di Luar sana kawan-kawan kita sangat menarik, bajunya menarik, benderanya menarik, dan dengan keislaman yang menarik menurut versi mereka. Tapi bila mereka hidup di Indonesia dan tidak mengakui Konstitusi, maka mereka ini tidak perlu kita ikuti,” tegas Kiai Luqman.

Oleh sebab itu, para santri harus senantiasa menjaga aqidah dan jatidirinya sebagai santri nusantara.Yaitu santri yang senantiasa memadukan antara keislaman dan keindonesiaan. ”Dan yang paling penting jagalah Aqidah Ahlussunnah wal Jamaah,” kata Kiai Luqman yang juga Katib Syuriyah PBNU itu.

Menjadi santri, imbuh Kiai Luqman, merupakan sebuah kesyukuran dan juga kebanggan. Para santri ketika pulang kerumah harus bisa berperan di tengah-tengah masyarakat.”Harus selalu ada di dalam hati kalian, bahwa kalian adalah seorang santri dan memiliki stempel santri. Selamat berjuang, selamat berkhidmat di tengah-tengah masyarakat,” tandas Koordinator Nasional Gerakan Ayo Mondok itu.(Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here