Home Nusantara Pesantren Alumni Pesantren Kikil Diajak Tingkatkan Kepedulian terhadap Almamater

Alumni Pesantren Kikil Diajak Tingkatkan Kepedulian terhadap Almamater

121
0
SHARE

Pache News, Arjosari- Pesantren Al Fattah Kikil Arjosari Pacitan menggelar Halal Bihalal dan Reuni Nasional, Ahad (2/7). Reuni kali ini digelar berbeda, selain dihadiri  para alumni dari berbagai periode dan guru-guru purna, hadir pula beberapa alumni yang kini menjadi tokoh nasional. Reuni mengambil tema “Merajut Persaudaraan Untuk Kebangkitan Pesantren & Bangsa”.

“Ini adalah bukti bahwa sudah saatnya alumni ikut andil dalam kemajuan dan perkembangan pesantren dan almamater tercinta. Sebelumnya Reuni Nasional digelar tahun 2007 silam,” kata Sekretaris Nasional Ikatan Alumni Al Fattah (IKAFA), Budiono, S.Pd.

Pesantren Al Fattah Kikil berdiri tahun 1866, namun baru tahun 1977 membuka lembaga pendidikan formal. “Mereka yang hadir adalah alumnus angkatan pertama tahun 1980 sampai angkatan terbaru 2017,” imbuhnya.

Reuni kali ini diisi dengan acara sungkeman. Selain itu dilakukan pula pelantikan kepengurusan IKAFA periode 2017-2022. Dr.Susanto, MA yang kini menjadi Komosioner KPAI didapuk menjadi Ketua Umum dan dibantu oleh Ketua Harian Miftakhul Huda, S.Pd dan Siti Maskanah, S.Pd.I.

Dalam sambutannya Dr.Susanto,MA menginginkan sekaligus mengajak kepada keluarga alumni untuk meningkatkan kepedulian dan sumbangsih ide pemikiran untuk perkembangan pesantren kedepan.

Pimpinan pesantren Al Fattah Kikil, KH. Moch. Burhanuddin HB sangat mengapresiasi dan menyambut bahagia acara ini. “Alumni begitu serius mengadakan Reuni Nasional. Kebanggaan begitu terasa ketika anak- anak (alumni) hadir dengan menceritakan kesuksesan dan kesibukannya masing masing. Ada yang terjun di dunia Pemerintahan, social kemasyarakatan, bahkan ada yang terjun ke dunia Militer dan Kepolisian. Ini membuktikan bahwa barokah ilmu selama belajar di Pesantren Kikil benar benar diberikan oleh Allah SWT,” tutur Kiai Burhan.

Acara ditutup dengan rapat pleno membahas rencana kerja Ikatan Alumni Al Fattah (IKAFA). Sementara itu agenda terdekat IKAFA akan mengadakan acara Bakti sosial, santunan dhuafa dan khitanan massal pada tanggal 9 September, dan Seminar Nasional 10 September.

“Insyallah IKAFA akan menghadirkan Menteri Sosial RI, Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai keynote speaker acara tersebut,” ujar Ketua Harian IKAFA Miftakhul Huda. (Abu Abidzar/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here