Home Nusantara Berita Desa Pendamping Desa Pacitan Berikan Kontribusi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar

Pendamping Desa Pacitan Berikan Kontribusi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar

124
0
SHARE

Pachenews.Desa Lahirnya Undang-undang Desa telah melahirkan semangat baru dalam upaya membangun Indonesia kearah yang lebih baik. Meskipun desa merupakan tingkat pemerintahan yang paling rendah  di hegara ini, tapi membangun Indonesia tanpa melibatkan desa adalah sebuah hal yang patut disayangkan.

Undang-undang no 6 tahun 2014 pasal 1 ayat 1 mengatakan, Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemerintah Desa menyusun perencanaan pembangunan desa sesuai dengan kewenanganya dan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten atau Kota. Rencana pembangunan desa disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

Hal itulah yang diharapkan dari mini lokakarya peningkatan kualitas pelayanan dasar, kesehatan, pendidikan dan identitas hukum untuk desa di Kecamatan Tegalombo (08/08/2017) dan Kecamatan Tulakan (12/08/2017) Kabupaten Pacitan yang diselenggarakan oleh alumni PTPD (Pendamping Teknis Pemerintah Desa), Pemerintah Kecamatan, Pendamping Desa dan didukung penuh oleh KOMPAK. Kegiatan yang juga melibatkan unsur pendidikan dan kesehatan ini diharapkan dapat menghasislkan usulan yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan desa.

“Output dari kegiatan ini adalah kegiatan yang dapat mengakomodir pelayanan dasar, inklusi sosial dan pengarusutamaan gender dalam RKP Desa tahun 2018 nantinya” Ungkap Deni Eko Purwanto, Pendamping desa kecamatan tegalombo.

Menariknya kegiatan ini adalah antusiasme dari peserta, yang memperhatikan materi yang diberikan narasumber dengan baik dan mengaktualisasikanya kedalam diskusi yang dibagi kelompok dari masing-masing desa dengan ketu kolompok kepala desa masing-masing. Diskusi yang diawali dengan mencermati RPJMDesa ini menghasilkan beberapa usulan yang dapat menjadi bahan tambahan dalam perencanaan pembangunan desa tahun 2018. (SD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here