Home ISLAM NUSANTARA Ada Aturan dalam Hidup Beragama dan Bernegara

Ada Aturan dalam Hidup Beragama dan Bernegara

32
0
SHARE
Kiai Suharto saat menyampaikan ceramahnya

Pache News, Nawangan- Tanggal 16 Agustus bertepatan dengan malam Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72, Panitia Peringatan Hari Besar Islam Desa Ngromo sukses menyelenggarakan malam tasyakuran dan pengajian umum.  Kiai Suharto dari Arjosari didaulat memberikan ceramahnya kepada seluruh masyarakat Desa Ngromo Kecamatan Nawangan.

Kiai Suharto dalam ceramahnya menyampaikan, Indonesia adalah negara yang gemah ripah loh jinawi, aman tenteram dan damai. Sebagai umat Islam yang  hidup di negara Indonesia sudah selayaknya harus saling menghargai dan menghormati kepada sesama terlebih kepada yang berbeda paham maupun beda Agama.

“Semakin bagus Ibadah seseorang itu maka semakin dia tidak menjelek-jelekkan orang lain, jika masih mengurusi kejelekan orang lain maka pribadi seseorang itu jelek pula,” tuturnya.

“Sebagai orang Islam kita dianjurkan untuk berdakwah dengan cara yang baik, tidak semata-mata mengajak dan melarang namun harus dengan pendekatan serta mencari penyebab untuk mendapatkan solusi dalam setiap permasalahan,” imbuh alumni pesantren Tremas itu.

Menurutnya, agama bukan hanya sekedar baju atau pakaian, namun “Addinu Huwa Akhlaq” Agama adalah Akhlaq dan budi pekerti. Semakin Baik Agama seseorang maka semakin baik pula Akhlaq seseorang.

“Begitupun dalam bernegara juga harus patuh dan taat pada aturan yang ada berpegang teguh pada Pancasila dan UUD ’45, yang mana semua itu telah disusun dan dibuat oleh para pahlawan dan ulama dengan penuh pertimbangan dan keyakinan,”jelasnya.

Di akhir ceramahnya ia berpesan, apabila ada hal yang tidak diinginkan pada negara atau pemerintah khususnya Pemerintah Desa Ngromo maka harus disampaikan sesuai dengan aturan tanpa melakukan kerusuhan dan permusuhan.

“Semua ada aturan dan prosedurnya, dan jika ingin mengoreksi dan mengkritisi. Kita jangan jauh-jauh ke daerah lain kita, membangun Desa dengan bekerjasama dengan Kepala Desa jauh lebih memberi manfaat, Hubbul Wathon Minal Iman,”tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Ngromo, Kasno menyampaikan ungkapan terimakasih kepada segenap Panitia Penyelenggara yang sudah berupaya mensukseskan acara Tasyakuran ini.”Semoga Tasyakuran malam ini yang bertepatan dengan HUT RI 72 bisa menumbuhkan rasa cinta  kepada negara serta terus mengingat jasa para pahlawan kita,”katanya (Amrudin/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here