Home Nusantara Seni Budaya Seru, 12 Pohon Pinang Dipanjat di Alun-alun Pacitan

Seru, 12 Pohon Pinang Dipanjat di Alun-alun Pacitan

30
0
SHARE
Suasana Lomba Panjat Pinang di Alun-alun

Pache News, Pacitan- Lomba panjat pinang mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun  Republik Indonesia ke-72 di alun-alun Pacitan. Juma’t sore (18/8). Sebanyak 12 pohon pinang dengan aneka hadiah diatasnya menjadi rebutan peserta lomba dari perwakilan 12 Kecamatan.

Lomba berlangsung meriah dan disaksikan ribuan masyarakat Pacitan. Tampak pula Presiden ke- 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Pacitan Indartato duduk di atas panggung menyaksikan serunya pemanjat menuju puncak pohon pinang.

Dari pantauan Pache News, 12 pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon tersebut.

Panitia menyediakan hadiah yang berisi sejumlah barang dengan total Rp. 2,5 juta dan uang tunai sebesar Rp. 2 Juta. Selain itu, pemenang panjat pinang juga berhak menerima hadiah dan piala bergilir dari SBY.

Di Berbagai daerah, lomba panjat pinang lazim di lakukan oleh masyarakat Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT RI. Bukan semata hadiah yang ingin mereka raih, namun di balik itu semua terkandung filosofi besar tentang perjuangan bangsa dalam mempertahankan bendera merah putih sehingga bisa berkibar hingga saat ini.

Panjat pinang sendiri berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi.(Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here