Home Nusantara Ribuan “Tumpeng 17-an” Penuhi Wana Wisata Genilangit

Ribuan “Tumpeng 17-an” Penuhi Wana Wisata Genilangit

36
0
SHARE
Ribuan orang menikmati Tumpeng di Wana Wisata Genilangit

Pache News, Magetan- Suasana Wana wisata Genilangit yang berada di Dukuh Jeblog, Desa Genilangit Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan tampak ramai tidak seperti biasanya. Sabtu (19/8), warga masyarakat Genilangit berduyun-duyun mendatangi objek wisata baru yang ada di Kecamatan Poncol itu.

Setiap warga membawa tumpeng lengkap dengan lauk pauknya. Hingga jumlah tumpeng mencapai ribuan. Tampak di barisan depan para pemuda memanggul 17 tumpeng berukuran raksasa dengan aneka hasil bumi diatasnya. Beberapa anggota DPRD Magetan, jajaran Forkopimda,  pengurus MWC-NU Poncol, kepala desa beserta perangkat se-Kecamatan berjalan mengiringi mereka.

Warga Genilangit tengah menggelar hajat besar. Mereka melakukan serangkaian acara adat untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. “Acara ini dilakukan untuk menjaga tradisi dan bentuk rasa syukur atas dikaruniakannya masyarakat Poncol dengan alam yang subur dan melimpah ruah sekaligus untuk merekatkan kerukunan masyarakat yang berbeda-beda dalam mementum peringatan HUT RI ke 72 ini,” jelas Kepala Desa Genilangit sekaligus Ketua MWC-NU Poncol KH  Imam Supardi.

Acara diawali dengan do’a bersama sekaligus napak tilas di Makam Ki Malang Yuda yang konon merupakan murid dari Pangeran Diponegoro. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dengan diiringi gema shalawat. Ribuan warga duduk dengan rapi. Mereka kemudian menyantap nasi tumbeng secara bersama-sama.

“Wana wisata Genilangit kami pilih sebagai tempat digelarnya resepsi peringatan HUT RI ke-72 yang sebelumnya telah di buka dengan Istighatsah Kubro dan majelis shalawat. Karena di tempat ini terdapat makam pahlawan Ki Malang Yudho yang masih murid Pangeran Diponegoro sekaligus dalam rangka untuk mengenalkan kepada khalayak umum tentang keindahan alam Poncol yang begitu indah dan masih alami,”terang Yeni Santoso, Moden Genilangit yang juga anggota Provost Banser Poncol.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama pemerintah Desa setempat, pemuda Karang Taruna, Nahdlatul Ulama dan GP Ansor.

Wana wisata Genilangit sendiri merupakan objek wisata baru yang dimiliki Kecamatan Poncol. Tempat ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Terdapat air terjun dan taman buatan yang memukau pandangan. Untuk mencapai lokasi, tempat ini berada tidak jauh dari pusat kecamatan. Kira-kira 3 KM ke arah selatan.

Selain itu, di Poncol juga terdapat objek wisata lain seperti Bendungan Gonggang, Bukit Sekiteran ,Ujung Kulon, dan Puntuk Geneng.(Marsyam/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here