Home Nusantara Sosial Semangat Kebangsaan Perlu Dipupuk Sejak Dini

Semangat Kebangsaan Perlu Dipupuk Sejak Dini

50
0
SHARE

Pache News, Nawangan- Sebagai orang tua dan generasi muda, kita selayaknya tidak boleh menutup mata dan apatis terhadap segala bentuk permasalahan  yang dihadapi oleh para remaja, pelajar dan generasi kita.

Hal itu disampaikan Kapolres Pacitan AKBP Suhandana Cakrawijaya, S.I.K saat menyampaikan orasi dalam dialog kebangsaan yang digelar GP Ansor Nawangan di Pendopo kecamatan setempat, Sabtu (26/8).

“Kita harus peka, peduli, dan selalu memberikan bimbingan dan memberikan teguran yang tegas kepada generasi kita terutama keluarga kita sendiri,” katanya.

Kapolres mencontohkan, saat ada salah satu generasi kita yang melanggar hukum dan akhirnya dipenjara maka belum tentu saat dia keluar dari penjara akan berubah menjadi baik. Namun kesebalikanya justru bisa menjadi makin brutal karena kejahatan yang diakukannya.

“Maka dari itu sebelum semua itu terjadi kita harus peduli dan tidak apatis kepada setiap permasalahan yang dihadapi Generasi kita,” pesanya.

Sementara itu berkenaan dengan semangat kebangsaan dan dalam hal menjaga Kebhinnekaan. Maka perlu dipupuk sejak dini mulai dari lingkungan keluarga. Sehingga kelak dapat memahami apa itu arti kebangsaan dan kebhinekaan secara utuh.

“Kita tidak boleh mengkultuskan dan membenarkan atas organisasi/kelompok kita. Namun semua kelompok/ormas itu memiliki tujuan kebangsaan yang sama seperti saat ini kita kumpul bersama disini meskipun dari berbagai latar belakang organisasi yang berbeda,” katanya.

Menurut pria kelahiran Jakarta 26 Oktober 1975 ini, Pancasila diciptakan bukan untuk satu Agama maupun kelompok. Para Pahlawan, Kiai dan Pendahulu sudah mempertimbangkan dan mendiskusikannya untuk Indonesia yang begitu beragam ini.

“Jadi kita sekarang sudah tidak perlu mempermasalahkan dan mendiskusikan apa yang sudah ditetapkan untuk negara kita ini,” imbuh Kapolres.

Diakhir pidatonya Kapolres  berpesan agar selalu menjaga semangat kebangsaan dan nasionalisme. Merupakan sebuah kewajiban sebagai warga NKRI untuk selalu cinta terhadap tanah air, menghargai para jasa pahlawan, dan para ulama.

“Pancasila tentunya untuk kemaslahatan warga negara Indonesia, dan yang terakhir adalah kita harus tetap selalu bersyukur dan berdo’a untuk NKRI kita ini agar tetap bersatu dan merdeka, karena tanpa kuasa Allah SWT kita tidak bisa seperti saat ini,” tandasnya.

Acara bertema Merawat Kebhinnekaan Meneguhkan Komitmen Kebangsaan ini digelar dalam rangka menyambut pelantikan Ranting NU se-Nawangan pada Ahad besok (27/8). Tampak hadir Kepala Bakesbangpol, yang mewakili Bupati Pacitan dan jajaran Forkopimcam Nawangan.

Acara digelar sebagai komitmen GP Ansor Nawangan untuk membumikan semangat kebangsaan kepada masyarakat melalui sosialisasi empat pilar kebangsaan, Pancasila, Bhinneka Tinggal Ika, NKRI, dan UUD 45.(Amrudin/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here