Home KE-NUan Ingin Ekonomi Warganya Bangkit, NU Pacitan Rintis Pendirian NUsantara Mart

Ingin Ekonomi Warganya Bangkit, NU Pacitan Rintis Pendirian NUsantara Mart

95
0
SHARE

Pache News, Pacitan– Tahun 2017 sepertinya menjadi babak baru bagi kebangkitan ekonomi warga Nahdlatul Ulama Pacitan. Di usianya yang baru beberapa bulan usai terbentuk, kepengurusan PCNU masa khidmat 2017-2022 tengah merintis berdirinya sebuah pusat perbelanjaan bernama NUsantara Mart.

Modal awal untuk perintisan ini membutuhkan saham sebesar 500 Juta. PCNU membuka peluang kepada warganya untuk ikut menanam saham di NUsantara Mart ini. Semua warga NU yang berada  di struktural maupun yang di kultural berhak memiliki NUsantara Mart.

“Jadi Ini berbentuk saham dan bukan infaq. Kalau berbentuk saham secara psikologis warga NU yang membeli saham akan betul-betul merasa memiliki,” kata Ketua PCNU KH Mahmud, kepada Pache News, Senin siang (28/8).

Lalu berapa besaran nilai saham yang dapat dibeli oleh warga NU Pacitan? “Harga saham bervariasi, per lembar ada yang 50 juta, 25 juta, 10 juta dan 1 juta,”jelasnya.

“Nanti ada pembagian hasil seperti model syariah. Dan jumlah pembagianya nanti berdasar kesepakatan rapat pemegang saham” urainya.

Kiai Mahmud menyatakan, NUsantara Mart ini akan dikelola secara profesional oleh manajemen tersendiri  dibawah lembaga perekonomian NU yang bertanggung jawab kepada PCNU. “Nanti ada juga rapat luar biasa pemegang saham rutin yang salah satunya untuk memantau perkembangan usaha,”imbuh pria kelahiran Madiun itu.

NUsantara Mart akan  menjadi gerakan ekonomi kebangkitan NU. Dan salah satu alasan didirikannya adalah untuk kemandirian ekonomi warga. Apalagi NU merupakan basis dan organisasi terbesar di Pacitan.

NUsantara Mart ini berpeluang menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Pacitan.”Selama ini warga NU berbelanja kebutuhan di toko-toko atau mart-mart milik orang lain. Bayangkan kalau warga NU yang jumlahnya banyak  ini belanja sendiri di usahanya milik NU,” ucapnya.

Sejatinnya, NU Pacitan memiliki banyak potensi ekonomi tapi belum banyak yang menggarap. Keberadaan NUsantara Mart diharap mampu mengangkat potensi perekonomian warga NU Pacitan.“Kalau nanti sudah berkembang, maka produk-produk yang dihasilkan oleh warga NU yang kecil-kecil dan selama ini belum jelas pemasaranya akan difasilitasi oleh NUsantara Mart ini,” pungkasnya. (Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here