Home Nusantara Sosial Jumlah Kasusnya Meningkat, DPRD Pacitan Rancang Perda HIV/AIDS

Jumlah Kasusnya Meningkat, DPRD Pacitan Rancang Perda HIV/AIDS

88
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Jumlah kasus Human Immunodeficiency Virus atau HIV/AIDS dikalangan remaja dan masyarakat Kabupaten Pacitan, pada tahun ini diketahui semakin meningkat.

Komisi II DPRD Pacitan  yang membidangi perekonomian dan kesejahteraan rakyat, Senin pagi (4/9) mengadakan rapat, membahas rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penanggulangan HIV/AIDS.

Rapat dihadiri anggota dewan komisi II, Dinas Kesehatan, Perwakilan RSUD Pacitan dan organisasi kepemudaan seperti KNPI, PMII, GMNI, dan HMI.

Ketua Komisi II, Indrata Nur Bayu Aji menjelaskan latar belakang dibuatnya Raperda ini didasari fakta di lapangan, ketika anggota komisi terjun ke beberapa Kecamatan, mendapati beberapa Pukesmas yang didalamnya terdapat data-data masyarakat yang terkena penyakit tersebut. Selanjutnya penderita diperlakuan tidak wajar oleh masyarakat sekitar dan seakan termarjinalkan.

“Sangat miris sekali ketika kami survei ke beberapa Kecamatan. kami menemukan data-data yang sudah terkena HIV/AIDS dan rata-rata masyarakat yang menderita itu akan dijauhi masyarakat sekitarnya, dan juga anak SD mereka merasa dimarjinalkan, ”katanya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua komisi II Widadi menambahkan bahwa pihaknya menyadari banyak masyarakat yang kurang mengetahui secara detail tentang bahaya HIV/AIDS tersebut.

Oleh karena itu, Komisi II mengundang Dinas terkait dan organisasi kepemudaan untuk turut memberi masukan dalam pembahasan Raperda ini. Sehingga dapat lebih sempurna dan bisa segera diterapkan kepada masyarakat Pacitan.

“Kami menyadari kurang memahaminya masyarakat tentang HIV/AIDS. Maka kami meminta bantuan dan kekerjasamanya dari Dinas dan organisasi kepemudaan, dengan harapan ini segera bisa disetujui dan diterapkan,”tandasnya.(Rojihan/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here