Home Warta Nasional Menlu RI Retno Desak Panglima Myanmar Hentikan Kekerasan di Rakhine State

Menlu RI Retno Desak Panglima Myanmar Hentikan Kekerasan di Rakhine State

40
0
SHARE

Pache News, Jakarta- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Senin (4/9) mengadakan pertemuan dengan Panglima  Jenderal Senior U Min Aung Hlaning. Ia adalah Panglima bersenjata Myanmar.

Pertemuan itu membahas krisis keamanan dan kemanusiaan yang kembali melanda Rakhine State. Agenda pertemuan ini merupakan yang pertama kalinya antara Menlu RI dengan otoritas Myanmar.

Seperti dikutip dari kompas.com dalam wawancara dengan Menlu Retno Marsudi mengatakan,”Upaya untuk de-eskalasi situasi di Rakhine State harus menjadi prioritas utama bagi otoritas keamanan di Myanmar,” ujarnya kepada Jenderal Hlaning.

Ia juga mengatakan bahwa negara internasional seperti negara indonesia dan negara-negara lain menghawatirkan perkembangan yang berada Rakhine, sehingga bisa menjadi krisis kemanusiaan karena banyaknya korban meninggal dan tidak memiliki tempat tinggal.

Selanjutnya Jenderal juga menyampaikan hal yang sama terkait perkembangan situasi keamanan yang berada di bagian utara Rakhine State.  Ia menyatakan pemulihan keamanan masih terus diupayakan sampai saat ini.

Menanggapi hal tersebut Menlu Retno Marsudi berharap agar otoritas keamanan dapat segera mengembalikan keamanan dan stabilitas di Rakhine State, agar bantuan kemanusiaan dan proses rehabilitasi serta pembangunan inklusif dapat kembali dilanjutkan.

“Idonesia telah siap memberikan bantuan kepada Myanmar dalam memberikan bantuan kemanusiaan, kita menunggu akses untuk dibuka,”ucapnya. (Rojihan/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here