Home Warta Daerah Sarjana Pikul Tanggungjawab Berat, Seperti Apa?

Sarjana Pikul Tanggungjawab Berat, Seperti Apa?

74
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Wisuda perdana Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Fattah (STAIFA) Pacitan berjalan sukses dan meriah. Para wisudawan-wisudawati resmi menyandang gelar Sarjana Strata Satu (S1) dari program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Usai diwisuda, tanggung jawab yang akan mereka pikul semakin berat.  Mereka diminta senantiasa berlaku jujur dan tetap menjaga idealismenya sebagai seorang akademisi.

Ketua Program studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Adhin Fadilah mengatakan, idealisme yang dimaksud adalah berani mengingatkan tatkala melihat sesuatu yang tidak benar. Pesan ini ia sampaikan kepada para alumni STAIFA Pacitan yang kini mulai terjun ditengah masyarakat.

“Ketika melihat hal yang kurang beres atau kurang benar harus berani berbicara dan mengarahkannya, meskipun resikonya banyak yang tidak menyukai. Karena kebenaran dan kejujuran adalah hal yang utama yang harus menjadi pegangan,” katanya, Kamis (7/9).

Adhin menegaskan, seorang mahasiswa maupun sarjana harus menjadi agent Of change dalam masyarakat. Mahasiswa yang demikian ini menunjukkan bahwa mereka memiliki  sumber daya manusia yang baik.

“Menjadi seorang mahasiswa atau sarjana harus berani bersuara dalam arti kebenaran dan juga menjadi agent Of change dalam masyarakat sehingga sumber daya manusianya menjadi lebih baik,”katanya.

Kepada wisudawan dan wisudawati, Ketua STAIFA KH Much Burhanuddin HB berpesan agar senantiasa menjaga jatidiri sebagai lulusan kampus pesantren, dengan berlaku rendah hati.(Rojihan/Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here