Home Uncategorized Bersama Dinas PMD, Pendamping Desa Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa

Bersama Dinas PMD, Pendamping Desa Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa

66
0
SHARE

Pachenews. Desa – Selasa (12/09/2017) hingga (20/09/2017), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pacitan melaksanakan monitoring dan pembinaan pengelolaan keuangan desa tahun anggaran 2017.

Mendapat urutan pertama adalah kecamata sudimoro (12/09/2017), yang bertempat di Desa Sudimoro dan di ikuti oleh tiga desa lainya, tiga desa itu adalah desan ketanggung, desa pagerkidul dan desa sembowo. Adapun yang menjadi peserta adalah kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, ketua BPD dan tim pengelola kegiatan (TPK).

Tim monitorng dari dinas PMD yang di pimpin oleh Kabid Pemerintah Desa Supriono,menyampaikan banyak hal terkait pengelolaan keuangan desa agar tidak melenceng dari rool yang sudah ditentukan oleh regulasi yang ada.

“Terbitnya Undang-undang desa menjadikan desa menjadi subyek pembangunan, sehingga tanggung jawab yang luar biasa diemban oleh desa, karena desa mempunya hak untuk mengurus rumah tangganya sendiri, terkadang karena SDM belum siap secara penuh sehingga ada beberapa tanggung jawab yang terlupakan, disinilah kami hadir untuk memonitoring dan memberikan pembinaan agar semua tanggung jawab tersebut dapat terlaksanakan” Ungkapnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa yang bersama – sama dengan pemerintah kecamatan sudimoro memberikan pemahaman terhadap pengelolaan keuangan desa, dan empat program wajib pemerintah desa. Empat perogram tersebut adalah penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Pelan tapi pasti pemerintah desa akan melaksanakan tanggung jawabnya secara benar, hal ini perlu dukungan semua fihak” Ungkap Ibnu Hadi salah seorang Pendamping Lokal Desa saat ditemui Pachenews.com dan hal tersebut  di amini oleh pemerintah kecamatan melalui Kasi PMD, Majid Asnun.

Dari hasil monitoring tidak ditemukan hal yang meleset dari regulasi namun ada beberapa pekerjaan yang sifatnya administrasi perlu ada pembenahan. “Tidak ada yang fatal, cuman diperlukan beberapa pembenahan” Imbuh supriono setelah selesai kegiatan. (SD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here