Home Nusantara Berita Desa Diserang Hama, Ratusan Pohon Cengkih di Kecamatan Sudimoro Mati

Diserang Hama, Ratusan Pohon Cengkih di Kecamatan Sudimoro Mati

617
0
SHARE

Pache News, Desa – Wanginya bunga cengkih ketika sedang musim di Kecamatan Sudimoro terancam tinggal kenangan, hal ini diakibatkan banyaknya pohon cengkih produksi yang mati karana diserang hama. Lereng – lereng yang dulunya rimbun dengan lebatnya daun cengkih dan menjadi kebanggaan masyarakat kini tinggal ranting-ranting yang mengering.

Sudimoro yang merupakan salah satu kecamatan penghasil cengkih terbesar dikabupaten pacitan kini kondisinya sangat memprihatinkan. Lima puluh persen pohon cengkeh di serang hama dan mati, hal ini akan berakibat pada penghasilan para petani, khususnya di Desa Karangmulyo, Desa Ketanggung dan Desa Klepu.

Kadeni, salah seorang petani asal desa Karangmulyo saat ditemui wartawan Pache News mengaku sedih akan kejadian ini, pasalnya dia terancam kehilangan sumber penghasilan  keluarga yang sudah berpuluh – puluh tahun menjadi handalan dalam mencari penghidupan.

“Tentunya kami sangat sedih mas, karena hampir semua orang – orang sini (Karangmulyo, red) menggantungkan hidupnya pada pertanian cengkih, namun kini sudah tidak bisa diharapkan lagi bahkan ada salah satu orang hampir seluruh pohon cengkih miliknya mati,”ungkapnya

Hingga pihak media mengunjungi petani, di dapat informasi belum ada tindakan apapun dari pihak pemerintah daerah. Namun pernah ada kunjungan dari PT Sampoerna tapi tidak mampu menghentikan laju hama yang terus membuat pohon cengkih mati.

“Pemerintah (Dinas terkait) belum ada, ada sampoerna datang tapi angkat tangan,” imbuh Kadeni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here