Home Nusantara Seni Budaya Lestarikan Budaya Jawa, Desa Arjosari Gelar Parade Reog

Lestarikan Budaya Jawa, Desa Arjosari Gelar Parade Reog

132
0
SHARE

Pache News, Arjosari- Sebanyak 14 kelompok seni tari reog se-Kabupaten Pacitan adu ketrampilan dalam memainkan tarian reog, bersaing dengan belasan seniman reog lain dari berbagai pelosok Daerah dalam Festival Reog se Kab. Pacitan yang digelar tanggal 24 September 2017 di Stadion Citra Mandiri Arjosari.

Kepala Desa Arjosari, Utomo, S.Pd mengatakan bahwa Parade Reog ini digelar untuk nguri-uri budoyo jawa, Reog adalah budaya jawa yang harus dilestarikan agar tidak punah dan sampai anak cucu kita bisa menikmati.

“Festival ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar seniman reog dari berbagai daerah untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman,” tambahnya.

Kepala Desa Arjosari

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Pacitan H Indartato ini memperebutkan hadiah uang pembinaan dan Tropy dari Panitia.

Terpisah, Ricy Pramitis Sekretaris Panitia Kegiatan Parade Reog 2017 menjelaskan secara teknis para peserta atau kelompok seniman reog akan tampil secara bergiliran untuk mendapat penilaian dari tim juri yang berlatar belakang pakar, akademisi seni, serta seniman.

Setiap kelompok peserta tidak hanya dituntut mampu menari reog dengan baik, tetapi juga harus memiliki kekompakan serta koreografi menarik.

Parade Reog yang diselenggarakan Desa Arjosari ini adalah tahun pertama digelar dan rencananya akan digelar setiap tahun dengan tujuan nguri-uri budaya Jawa dan pemberdayaan kelompok Seniman di Kabupaten Pacitan.(Agus S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here