Home Nusantara Berita Desa Pendamping Desa Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa

Pendamping Desa Dorong Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Desa

128
0
SHARE

Pache News, Pacitan – Perencanaan adalah salah satu hal yang fundamental dalam menyusun sebuah kegiatan, begitu pula dengan pembangunan desa, yang memerlukan perencanaan matang agar tidak menyimpang dari aturan – aturan yang ada.

Pendamping Desa Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan memberikan dorongan terhadap masyarakat agar berperan aktif dalam penyusunan perencanaan pembangunan. Melalui forum musyawarah desa,ia  memberikan semangat terhadap masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya yang telah direncanakan tersebut, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.

“Desa yang sekarang berbeda dengan lima tahun yang lalu, masyarakat harus berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa” ungkap Septian, salah satu pendamping desa Kecamatan Sudimoro kepada Pache News, Selasa (26/9).

Septian juga menuturkan bahwa pembangunan desa bukan serta merta tanggung jawab pemerintah desa, namun juga menjadi tanggung jawab masyarakat. Karena bisa jadi tanpa berbagai masukan dari masyarakat, kegiatan yang sudah direncanakan tidak tepat sasaran.

“Partisipasi masyarakat menjadi penting, karena dasar dari seluruh perencanaan pembangunan sejatinya adalah hasil musyawarah mufakat,” imbuhnya. (Rojihan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here