Home Kreatif Gandeng Dinas Perikanan, Vokasional Tremas Bekali Santri Pengolahan Hasil Laut

Gandeng Dinas Perikanan, Vokasional Tremas Bekali Santri Pengolahan Hasil Laut

91
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Lembaga Vokasional Pondok Tremas Pacitan bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan menggelar pelatihan pengolahan hasil laut. Jum’at (29/9). Sebanyak 30 peserta dibekali ragam praktek pengolahan hasil laut, seperti membuat jelly drink rumput laut, kaki naga dan siomai dari olahan ikan.

Direktur Lembaga Vokasional, Handoko Budi Utomo mengatakan, pelatihan ini digelar untuk memberdayakan para santri agar semakin terampil dalam bidang tata boga, khusunya mengolah hasil laut. Tidak hanya memberi pelatihan kepada para santri, Dinas Perikanan juga memberikan wawasan mengenai standarisasi makanan sehat.

“Pelatihan ini untuk memperkaya wawasan para santri akan beragamnya menu yang dapat diolah dari hasil laut,” katanya disela-sela kegiatan pelatihan. Seperti diketahui Pacitan dikenal mememiki hasil lautnya yang melimpah. Menu-menu yang dibuat ini, menurutnya, bukan menu baru. “Jadi menu ini sebenarnya sudah sering dibuat, tapi kita ingin menggunakan teknik pengolahan yang berbeda dari Dinas Perikanan,” jelasnya.

“Semua bahan dan resep disediakan oleh Dinas,” sambungnya.

Sementara, Romy Sanjaya, salah seorang peserta mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini. Dia dan kawan-kawannya memiliki tambahan pengetahuan mengenai cara mengolah hasil laut sehingga menjadi menu yang bisa dinikmati dengan cita rasa yang enak.

“Pelatihan ini bagus sekali. Kami sekarang bisa membuat olahan menu sendiri dengan bahan dan resep yang ada disekitar kita. Semoga nanti bisa dipraktekkan di rumah,” ujarnya. (Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here