Home Madrasah Penting Diketahui, Implementasi Manajemen Lembaga Sekolah

Penting Diketahui, Implementasi Manajemen Lembaga Sekolah

283
0
SHARE

Pachenews: Peningkatan mutu pendidikan disekolah perlu didukung kemampuan manajerial para kepala sekolah. Sekolah perlu berkembang maju dari tahun ketahun. Karena itu, hubungan baik antara guru perlu diciptakan agar terjalin iklim dan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan. Demikian halnya agar sekolah menjadi lingkungan yang dapat menumbuhkan kreativitas, disiplin, dan semngat belajar siswa.  Dalam kerangka inilah dirasakan perlunya sebuah implementasi manajemen berbasis sekolah yang harus dijalankan agar semua aktivitas sesuai dengan visi misi sekolah.

Untuk mengimplementasikan manajemen tersebut secara efektif dan efisien, kepala sekolah perlu memiliki pengetahuan kepemimpinan, perencanaan, dan pandangan yang luas ditumbuhkan perkembangan dengan meningkatkan sikap kepedulian, semangat belajar, disiplin kerja yang kondusif. Lebih lanjut, kepala sekolah dituntut untuk melakukan fungsinya sebagai manajer sekolah dalam meningkatkan proses belajar-mengajar, dengan melakukan supervisi kelas, membina , dan memberikan saran-saran positif kepada guru sehingga kinerja antara satu dengan yang lainnya terkoordinir dengan baik.

Kemudian dalam rangka mengimplementasikan hal tersebut guru harus berkreasi dalam meningkatkan manajemen kelas, karena guru adalah teladan dan panutan langsung oleh siswanya dalam kelas. Oleh karena itu, guru perlu siap dengan segala kewajiban, baik dalam manajemen maupun persiapan isi materi pengetahuan yang disampaikan dan juga mengorganisasikan kelasnya dengan baik serta memanajemen dari jatwal pelajaran, pembagian tugas dan lain-lain.

Dengan hal tersebut Implementasi manajemen dalam sekolah akan menjadi lebih baik apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoprasionalkan sekolah, bisa dicontohkan dari sisi pendanaan yang cukup agar sekolah mampu mengaji staf sesuai fungsinya, sarana dan prasaranan yang memadai untuk mendukung proses belajar-mengajar, serta dukungan masyarakat ( orang tua) yang tinggi dan juga komunikasi kepala sekolah dengan masyarakat sekitar baik. (rojihan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here