Home Warta Daerah Pacitan Layak Jadi Percontohan Kabupaten Sehat

Pacitan Layak Jadi Percontohan Kabupaten Sehat

198
0
SHARE

 

Pachenews: Pacitan– Pemerintah kabupaten Pacitan mendapat kunjungan tim verifikasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kunjungan tersebut untuk menilai dan mengevaluasi kondisi terkini Kabupaten Pacitan, dalam rangka mempertahankan predikat kabupaten sehat  atau yang dikenal Wistara pada tahun 2015 lalu, dengan mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh forum kabupaten sehat.

Dalam menuju predikat Wistara tersebut ada 7 tatanan yang dicek dan diverifikasi oleh tim verifikasi di lapangan. Ke tujuh tatanan tersebut adalah Tatanan Tertip Lalu lintas Kawasan Kota Pacitan Dan Sekitarnya, Tatanan Pariwisata Sehat Di Arjosari, Tatanan Sehat Mandiri Disukoharjo, Tatanan Pangan Dan Gizi Hadiluwih, Tatanan Mandiri Disidomulyo, Tatanan Kabupaten Sehat Digondosari, Pemukiman Desa Purworejo.

Kemudian setelah semuanya lokasi tersebut dicek, pagi hari (12/10/17) oleh tim verifikasi adakan penyampaian hasil verifikasi dan juga evaluasi di ruang rapat kantor Bupati Pacitan yang dihadiri oleh sekretaris daerah (suko wiyono), forum kabupaten sehat, tim verifikasi dan juga  dinas terkait.

Wiwit ketua tim verifikasi menyampaikan hasil dari keseluruhan secara umum ke tujuh tatanan diatas  sudah baik, akan tetapi jika tahun ini pacitan mendapatkan kembali predikat wistara, diharapkan menambah inovasi yang baru.

“secara umum sudah baik, akan tetapi jikalau ini nanti mendapatkan predikat wistara kembali kami harapkan ditambah inovasi-inovasi yang baru 2 tahun kedepan.”ungkapnya

Kemudian ia juga menambahkan dalam rapat tersebut bahwa kabupaten  pacitan bisa menjadi contoh/pembelajaran  dari kabupaten yang  lain dikarenakan pacitan dinilai  sangat baik segi administrasi dan juga tatanan dilapangan.

“ kabupaten pacitan ini bisa menjadi pembelajaran kabupaten yang lain”imbuhnya

Predikat Wistara adalah level tertinggi dari Swasta Saba setelah padapa dan Wiwirda. Wistara merupakan konsep hidup sehat dan sejahtera yang telah berkembang dan membudaya di masyarakat.(rojihan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here