Home ISLAM NUSANTARA PKB Berangkatkan Santri Pacitan Ikuti Festival Sastra Religi

PKB Berangkatkan Santri Pacitan Ikuti Festival Sastra Religi

95
0
SHARE

Pache News, Jombang- Sebanyak dua puluh santri diberangkatkan menuju pesantren Denanyar Jombang. Mereka mewakili Pacitan untuk mengikuti Festival Sastra Religi 2017 tingkat Jawa Timur yang digelar dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional.

“Kedua puluh santri itu, 12 santri berasal dari pesantren Tremas dan 8 santri dari pesantren Al Fattah Kikil Arjosari. Mereka akan mengikuti lomba baca kitab kuning dan hafalan nadham,” kata Mutafiddin, Rabu malam (11/10).

Ia mengatakan, para santri ini merupakan santri pilihan yang memiliki kemampuan di bidang baca kitab kuning. “Mereka telah melewati seleksi di pesantren masing-masing,” sambung bendahara PKB Pacitan itu.

“Lomba festival sastra religi adalah sebuah wadah bagi para santri untuk mengembangkan keilmuan salafusholih sekaligus sebuah wujud pengabdian PKB kepada pondok pesantren dan para kiai,” lanjutnya.

Pemberangkatan peserta dari Pacitan dilakukan di pesantren Tremas Arjosari. Mereka dilepas oleh KH Luqman Harits Dimyathi. Seluruh akomodasi santri selama mengikuti Festival ini disponsori oleh DPC Partai Kebangkitan Bangsa Pacitan.

“Setiap tahun, PKB Pacitan siap mengawal agenda Festival Sastra Religi ini,” pungkasnya.

Festival Sastra Religi dibuka pagi ini oleh Sekjen PBNU H Helmy Faishal Zaini. “Festival Sastra Religi adalah langkah yang paling  tepat untuk memperdalam pengetahuan tentang kitab kuning yang saat ini menjadi kitab kebanggan para santri,” kata Helmy dalam sambutannya.

Festival digelar selama dua hari, 12-13 Oktober 2017 dan diikuti oleh 1210 santri dari 30 pondok pesantren, yang berasal dari Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Ngawi. (Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here