Home Nusantara Pesantren Dua Santri Pacitan Juarai Festival Sastra Religi

Dua Santri Pacitan Juarai Festival Sastra Religi

271
0
SHARE

Pache News, Jombang- Kabar membanggakan datang dari arena Festival Sastra Religi; Musabaqoh Qiroatul Kutub dan Hafalan Nadham tingkat Jawa Timur yang dihelat 12-13 Oktober di Pesantren Denanyar Jombang. Dua santri Pesantren Tremas Pacitan berhasil menjuarai lomba Hafalan Nadham Imrithi dan Lomba Baca Kitab Tafsir Jalalain.

Melalui usaha yang kuat, santri bernama Arini Izzatunni’mah berhasil meraih juara pertama Hafalan Nadham Imrithi untuk tingkat Wustho kategori Putri.

Dihadapan dewan juri, Arini berhasil menguasai hafalan nadham Imrithi dengan sempurna. Nadham Imrithi sendiri berjumlah 254 bait.

Arini yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah dan duduk di kelas satu Madrasah Aliyah Salafiyah Mu’adalah itupun berhak menerima trofi penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 4 Juta rupiah.

Sementara pada cabang lomba baca kitab Tafsir Jalalain tingkat Wustho kategori putri, santri bernama Umi Hanik binti Alm Ustadz Harun Syafrudin asal Ploso Pacitan meraih juara tiga. Umi Berhak menerima trofi penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 2 Juta rupiah.

Sebanyak dua puluh santri Pacitan mengikuti Festival Sastra Religi. Dua belas santri berasal dari pesantren Tremas dan delapan lainya berasal dari pesantren Al Fattah Kikil. Capaian kejuaraan yang diraih ini merupakan kado istimewa bagi seluruh santri Pacitan menjelang peringatan Hari Santri 22 Oktober.

Festival Sastra Religi yang digelar pada 12-13 Oktober ini merupakan upaya konkret dalam mempertahankan tradisi-tradisi pesantren. Kegiatan tersebut juga sebagai media untuk memotivasi serta mengembangkan potensi yang dimiliki pesantren.

Sebagaimana diketahui, kegiatan Festival Sastra Religi 2017 ini diikuti oleh 1.384 santri dari 357 pesantren se-Jawa Timur. “Total peserta sebanyak 1.384 santri, dari santri putra 790 dan putri 594 dari 357 pondok pesantren se-Jawa Timur,” kata Koordinator Panitia Wilayah Jawa Timur, M. Subaidi Mukhtar, seperti dikutip dari laman NU Online.

Ia menjelaskan, FSR kali ini terdapat tiga kategori (marhalah), yakni marhalah ula, marhalah wustho, dan marhalah ulya. Sementara jenis yang dilombakan adalah Qiroatul Kutub dan Hifdin Nadham.(Zaenal Faizin) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here