Home KE-NUan 22 Oktober Ribuan Santri Pacitan Turun ke Jalan, Ada Apa?

22 Oktober Ribuan Santri Pacitan Turun ke Jalan, Ada Apa?

165
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Gelombang massa yang terdiri dari para santri dari berbagai wilayah Pacitan akan turun ke jalan pada 22 Oktober mendatang. Mereka akan melakukan Long March dari Alun-alun Pacitan menuju jalan protokol Ahmad Yani, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Gatot Subroto dan berakhir kembali di alun-alun.

Ribuan massa akan berkumpul mulai pukul 07.30. Kedatangan mereka dengan ratusan jenis kendaraan itu akan mendapatkan pengawalan dari anggota Banser NU dan personel Polres Pacitan.

Menurut koordinator lapangan Gus Hammam Fathullah, ribuan santri yang turun ke jalan itu bukan untuk mengikuti demo dengan angka khusus seperti yang akhir-akhir ini marak terjadi. Namun tak lain mereka akan mengikuti kirab memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober.

“Iya bukan demo dengan angka 212 atau 411, tapi mereka akan memperingati Hari Santri Nasional, ” jelas Gus Hammam kepada Pache News melalui sambungan telepon, Senin pagi (16/10).

Dikatakan Gus Hammam, ribuan massa yang mengikuti kirab itu adalah para santri Madrasah Diniyah, santri Pondok Pesantren, siswa-siswi Madrasah Ma’arif, Pengurus PCNU, Badan otonom NU, MWCNU se-Pacitan, dan anggota Banser (Barisan Ansor Serbaguna).”Kalau mengaca dari HSN tahun kemarin, jumlah massa kami kira akan tembus puluhan ribu,” ungkapnya.

Masih kata Gus Hammam, sebelum mengikuti kirab, para santri terlebih dahulu mengikuti rangkaian Apel Hari Santri yang akan digelar di Halaman Pendopo Kabupaten.

Sementara itu, selain Kirab dan Apel santri, panitia hari santri nasional Kabupaten Pacitan juga menyiapkan berbagai bentuk kegiatan mulai tanggal 18 Oktober, seperti Lomba santri Madin, pameran kreatifitas santri, aksi sosial donor darah, lomba baca puisi Gus Mus, kirab resolusi jihad NU, dan pembacaan satu miliar shalawat nariyah.(Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here