Home Warta Nasional Inilah Hasil Kesepakatan Asosiasi Perangkat Desa Dengan Pemerintah

Inilah Hasil Kesepakatan Asosiasi Perangkat Desa Dengan Pemerintah

1148
0
SHARE

Pache News, Jakarta- Semangat dan komitmen puluhan ribu perangkat desa yang bergabung dalam aksi menagih janji Presiden Jokowi tak surut meski terik matahari diatas ubun – ubun.

Seperti yang dilansir dari laman pusinfoppdi.or.id, aksi peserta dipimpin oleh Ketua Umum Pusat PPDI Mujito. Peserta sempat beristirahat untuk menjalankan sholat dzuhur namun aksi digelar kembali setelah sholat dilakukan.

Sementara itu, Tim lobi yang dipimpin langsung oleh Mujito didampingi Sekjen Sarjoko terus berupaya menjalin komunikasi dengan pihak istana terkait tuntutan yang telah diusung dalam aksi tersebut.

Menanggapi tuntutan tersebut, Presiden dijadwalkan akan menemui perangkat desa setelah tiba di Jakarta dari perjalanan melewati udara dari Semarang.

Puluhan ribu peserta aksi juga mengadakan doa bersama dan sholawat di seputaran jalan Merdeka tersebut sambil menunggu kehadiran presiden Jokowi dan memberikan jawaban terkait apa yang telah dijanjikan melalui 9 Program kerja nyata Jokowi-JK. Pihak keamanan nampak mengatur lalu lintas di seputaran jalan merdeka agar tidak terjadi kemacetan.

Kemudian setelah beberapa waktu telah dilalui ketua Umum menyampaikan apa yang telah ditawarkan oleh pihak pemerintah sebagai titik jalan tengah sebagaimana yang telah menjadi Tuntutan PPDI.

Salah satunya ialah pemberian gaji setara PNS golongan IIA. Namun tentu dengan mempertimbangkan masa kerja perangkat desa.

Tampak Hadir di atas podium Staff khusus Presiden untuk menenangkan peranngkat desa yang berencana merangsek masuk jika sampai jam 2 belum ada kejelasan terkait tuntutan yang diusung.

Kemudian hasil Lobi tim PPDI Pusat telah menghasilkan kesepakatan bersama Dirjen PMD dan KSP yang akan ditindaklanjuti Kementerian Dalam Negri kepada Presiden Jokowi dalam waktu maksimal 2 hari kedepan.

Lanjut kesepakatan, Mendagri setuju gaji setara Gol IIA nol tahun secara berjenjang dan menurut tingkat pendidikan (bukan PNS) bersumber dr APBN, Tunjangan akan diatur menurut kemampuan keuangan Desa bersumber dari PADes. Gaji setara Gol IIA mulai B.

Namun sampai info terbaru Presiden Jokowi tak menemui peserta aksi tersebut sehingga aksi tersebut disudahi pukul 17:00 WIB dan peserta akan menindak lanjuti di daerahnya masing-masing sepertihalnya PPDI Pacitan akan segera mengadakan audiensi dengan pihak DPRD Pacitan.(Rojihan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here