Home KE-NUan Cetak Banyak Kader, IPNU-IPPNU Gelar Roadshow Makesta

Cetak Banyak Kader, IPNU-IPPNU Gelar Roadshow Makesta

74
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri NU (IPPNU) Pacitan memulai kegiatan Roadshow Masa Kesetiaan anggota (Makesta) Jum’at (9/11). Ma’had Khalid bin Walid Pacitan menjadi tempat pertama yang disinggahi organisasi pelajar NU itu.

Puluhan pelajar turut ambil bagian menjadi peserta Makesta. Selama mengikuti kegiatan mereka mendapat berbagai materi, seperti keIPNU-IPPNU-an, keagamaan, aswaja, keNU-an, CBP KPP, organisasi, kepemimpinan, dan ke Indonesiaan atau wawasan kebangsaan.

Ketua IPNU Pacitan Mawan Hardianto mengatakan roadshow Makesta ini merupakan ajang kaderisasi secara beruntun.  Agar pengkaderan di tubuh IPNU-IPPNU maupun di lingkungan NU dapat berjalan secara estafet.

“Karena 20-30 tahun yang akan datang para kader yang sekarang berproses inilah yang akan meneruskan  perjuangan dan menggantikan pengurus NU di masa mendatang,” katanya melalui siaran pers yang dikirim ke Pache News, Sabtu pagi (11/11).

Roadshow Makesta ini diharapkan bisa mencetak lebih banyak lagi kader pilihan yang militan dan kedepan dapat mengembangkan dan membesarkan IPNU-IPPNU dan NU di daerahnya masing-masing.

Mawan melanjutkan, ada 9 orang Instruktur terpilih dari tim kaderisasi IPNU-IPPNU Pacitan yang bertanggung jawab penuh untuk mengawal kegiatan show Makesta ini.

“Para instruktur ini berasal dari tim kaderisasi cabang yang mana diambilkan dari pengurus PKPT, pengurus PAC dan pengurus cabang yang memang benar-benar mantap, loyal, ikhlas dan siap terjun ke lapangan langsung dan sudah mampu secara fisik maupun batin,” tambahnya.

“Serta dibuatlah motto untuk para Instruktur ini, yaitu taat tanpa syarat, loyalitas tanpa batas. Karena instruktur visioner eksistensi kader,” tandasnya.

Secara beruntun roadshow makesta akan diadakan tiap seminggu sekali. Lepas dari Ma’had Khalid bin Walid, dilanjutkan ke road ke MA Ma’arif Pacitan, selanjutnya ke SMP N 5 Pacitan, dan berakhir di Ponpes Al Fattah Kikil Arjosari.

Setelah target Makesta ini selesai, dilanjutkan jenjang diatasnya yaitu Roadshow Latihan Kader Muda (Lakmud) pada minggu setelahnya yaitu bertempat di PAC Kebonagung, PAC Ngadirojo, PAC Sudimoro dan di puncaknya di PAC Pacitan.

Pengasuh Ma’had Khalid bin Walid, Ustadz Khoirul Anam mengatakan, mengikuti kegiatan organisasi sangat penting. “Karena pasti bermanfaat dan berguna bagi diri sendiri, orang lain serta untuk kehidupan di masyarakat dan mengembangkan pemikiran menjadi lebih dewasa,” tuturnya saat acara pembukaan.

Sementara itu, Ketua PCNU Pacitan KH Mahmud mengibaratkan organisasi IPNU-PPNU sebagai sebuah makanan.

“Jika seorang itu lapar maka IPNU-IPPNU lah makanannya. Maksudnya IPNU-IPPNU itu adalah organisasi yang sangat dibutuhkan oleh para pelajar di zaman sekarang untuk mengembangkan pola pikir, dan menjaga diri dari hal-hal yang negatif,” ungkapnya.

Apalagi, menurutnya,  pada kids zaman now ini telah merajalela berbagai macam bentuk pornoaksi, seks bebas, pergaulan bebas dan lain sebagainya.

Kiai Mahmud berpesan bahwa para pelajar tidak akan bakal rugi bila ikut berkegiatan di IPNU-IPPNU.

“Karena sudah jelas runtutannya sambung kepada NU. Dan pastinya ikut para ulama’ dan kyai akan mendapatkan barokah, dan jangan khawatir apabila berkhidmat di NU dengan penuh keikhlasan insyallah hidupnya dijamin akan bahagia di dunia maupun di akhirat kelak,”pungkasnya. (Red: Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here