Home Warta Daerah Pernikahan Bawah Umur Masih Marak Terjadi di Pacitan

Pernikahan Bawah Umur Masih Marak Terjadi di Pacitan

54
0
SHARE

Pachenews:Pacitan– perkawinan bawah umur yang saat ini masih marak terjadi di Pacitan. dikarenakan pergaulan bebas yang merajalela bahkan bulan November ini ada enam pemohon nikah dispensasi yang masuk di Pengadilan Agama (PA) setempat.

Sepertihalnya yang dilangsir bangsaonline.com Panitera Muda (Panmud) Hukum PA Pacitan, Mochamad Mukti mengatakan, dari bulan januari hingga ahir oktober lalu sedikitnya sudah ada 62 pengajuan nikah dispensasi yang sudah masuh ke meja penitera.Selasa (21/11/17)

“Sehingga sampai hari ini sudah ada 68 permohonan nikah dispensasi yang masuk di PA pacitan,” katanya.

Kemudian mukti menengarai banyaknya kasus pernikahan dini lebih disebabkan dampak dari kemajuan teknologi. Yang saat ini gadget sudah semakin canggih dan melihat hal hal yang tak seharusnya dilihat.

“sehingga mereka sangat mudah mengakses informasi seperti vidio atau gambar yang berbau pornografi yang ahirnya mencoba-coba melakukan sendiri dengan pasangannya.” Bebernya.

Dari puluhan surat dispensasi  kasus nikah tersebut, mayoritas didominasi  pasangan muda yang masih dibangku pelajar/ berstatus pelajar. Mereka hamil sebelum adanya ijab kabul yang sah (pernikahan).

“nikah dispensasi itu terjadi bila mempelai perempuan dibawah 16 tahun atau yang laki-laki berada dibawah 19 tahun. Sehingga sebagaimana amanah dalam UU 1 tahun 1974, mereka  yang mau menjalankan pernikahan harus mengajukan nikah dispensasi ke PA. Sebab tanpa itu, KUA akan dipastikan akan menolak permohonan perkawinan mereka,” jelasnya Panitera Muda (Panmud) Hukum PA Pacitan, Mochamad Mukti.

Kemudian, dari 68 pengajuan nikah dispensasi tersebut, perlu diperhatikan hanya satu permohonan yang tidak dikabulkan majelis hakim karena colon laki-lakinya bukan bapak biologis dari anak yang telah dikandung oleh calon yang perempuan.”(Rojihan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here