Beranda Madrasah SMP Islam Terpadu Ma’arif, Solusi Pendidikan di Kecamatan Bandar

SMP Islam Terpadu Ma’arif, Solusi Pendidikan di Kecamatan Bandar

102
0

Pache News, Bandar- Pengurus NU Pacitan berupa mendekatkan fasilitas belajar di daerah perbatasan antara Desa Bandar, Desa Jeruk dan Desa Sempu yang notabene adalah kawasan yang terisolir dan rawan longsor, dengan mendirikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Ma’arif Bandar.

Keberadaan SMP yang berdiri sejak 2008 ini menjadi sebuah jawaban untuk masyarakat sekitar agar setelah lulus dari sekolah dasar, anak-anak mereka dapat melanjutkan ke jenjang diatasnya. Karena selama ini, kebanyakan dari mereka tidak banyak yang melanjutkan sekolah karena faktor tempat tinggal yang jauh, kurangnya biaya, dan sulitnya sarana transportasi.

Selain menyediakan pendidikan formal, SMP Islam Terpadu Ma’arif Bandar yang berada di Dusun Nalangan, Desa jeruk Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan, sekolah ini juga berbasis Pondok Pesantren. Sehingga siswa-siswinya dapat bermukim dan berkegiatan di asrama yang sudah disiapkan.

Dengan model seperti ini, diharap proses belajar siswa-siswinya dapat terpantau. Baik itu pendidikan umumnya maupun pendidikan keagamaanya.

“Sehingga diharapkan siswa mampu menjawab tantangan zaman kedepan dan bisa merealisasikan ilmunya dalam berkehidupan masyarakat dan membawa perubahan yang lebih baik,”ungkap Wakil Kepala Sekolah, Nur Habib, Sabtu (17/2/2018).

Walaupun berada di daerah yang cukup terpencil. Prestasi yang sudah ditorehkan siswa-siswinya cukup membanggakan. Terbukti banyak kejuaraan yang sudah diraih oleh mereka, salah satunya juara Lomba MTQ Putri Kampung Romadhon 2015 dan masih banyak lagi kejuaraan yang lainnya.

Nur Habib melanjutkan, meski berdirinya sekolah yang telah Terakreditasi oleh Dinas Pendidikan ini belum lama, namun sekolah ini sudah mendapatkan tempat di hati masyarakat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang mengirimkan anaknya untuk belajar disana. Padahal sebelumnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya terbilang rendah.

“Memang sekolahan SMP ini belum lama, namun alhamdulillah kepercayaan masyarakat semakin meningkat, tak kalah bersaing dengan pendidikan yang lainnya. Dibuktikan siswa kami setiap tahunnya selalu meningkat dan juga secara kualitas pendidikan formal dan keagamaan tidak diragukan lagi,” imbuhnya.

Tak kalah penting sekolah ini telah  menyediakan beberapa Ekstra diantaranya,  olahraga pencak silat (Pagar Nusa, SH Terate), hadroh, pramuka, dan muhadloroh setiap sabtu pagi. Selain dibekali peralatan pendidikan berupa sepatu, tas, buku, dan seragam juga dibekali dengan pelestarian Budaya setempat.(Rojihan)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.