Home KE-NUan Jelang Usia Satu Abad, NU Pacitan Serius Garap Kemandirian Ekonomi

Jelang Usia Satu Abad, NU Pacitan Serius Garap Kemandirian Ekonomi

14
0
SHARE

Pache News, Pacitan- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Pacitan Jawa Timur masa khidmah 2017-2022 resmi dilantik, Sabtu malam (7/4) di halaman kantor PCNU Kelurahan Baleharjo Pacitan. Pelantikan dirangkai dengan peringatan Hari Lahir (Harlah) ke 95 NU dan peresmian kantor PCNU Pacitan.

Sekretaris PWNU Jawa Timur H Ahkmad Muzakki memimpin pembacaan ikrar pelantikan. Pengurusan ini merupakan hasil Konferensi Cabang (Konfercab) NU yang dilaksanakan setahun lalu di Perguruan Islam Pondok Wates, Widoro, Pacitan. Kepemimpinan NU Pacitan dipegang oleh KH Abdullah Sadjad sebagai Rais Syuriah dan Ketua Tanzfidiyah dipimpin oleh KH Mahmud, perpaduan antara unsur  ulama’ dan akademisi.

Ketua PCNU KH Mahmud dalam laporannya menyampaikan, momentum menjelang usia satu abad Nahdlatul Ulama memiliki makna tersendiri bagi warga NU Pacitan. Sebab satu persatu mimpi dan keinginan telah tercapai.

Dalam kepengurusan yang baru menginjak usia satu tahun ini, PCNU berhasil mendirikan toko ritel modern bernama NUsantara Mart. Toko yang diresmikan pada tanggal 18 Maret 2018 ini merupakan yang ketiga yang berdiri  di Jawa Timur. Capaian membanggakan ini merupakan bukti keseriusan NU dalam usahanya menggarap dan membangkitkan ekonomi jamaah dan jam’iyyah.

“Dan tahun ini lagi insyaallah tambah dua di MWC, syukur lebih lagi. Insya Allah dengan berkembangnya toko ini nanti, ekonomi masyarakat khususnya masyarakat Pancitan akan meningkat dan tidak akan dijajah oleh kapitalis siapapun juga,” katanya.

Mimpi Kedua, imbuh Kiai Mahmud, warga NU Pacitan berhasil merampungkan pembangunan kantor PCNU yang telah dimulai sejak empat tahun lalu.

“Total dana untuk pembangunan kantor ini mencapai hampir 1,5 Milyar, dananya  berasal dari swadaya warga NU Pacitan, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan pihak lain yang tidak mengikat dan halal,”jelas pria yang juga dosen STAINU Pacitan itu.

Selain itu, kepengurusan ini juga berhasil melakukan proses kaderisasi yang cukup masif melalui program Pendidikan Kader Penggerak NU .”Para kader penggerak NU ini akan siap menjalankan perintah kiai untuk mengembangkan NU,” tandasnya.

Usai dilantik, pengurus PCNU Pacitan yang baru  akan segera menjalankan amanat sesuai dengan program dan prioritas yang dicanangkan yang antara lain  tantangan dan tugas NU khususnya warga NU di Pacitan, baik di ekonomi, bidang pendidikan, kesehatan dan bidang keagamaan.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut, Ketua PWNU Jawa Timur KH Hasan  Mutawakkil Alallah, Mustasyar PCNU KH Burhanuddin HB, KH Imam Faqih Sujak, Rais Syuriah KH Abdullah Sadjad, Ketua Tanfidziah KH Mahmud, seluruh ketua Badan Otonom dan Lajnah, ketua MWC NU se-Pacitan.

Hadir pula Bupati Pacitan H Indartato, Dandim 0801 Pacitan Letnan Kolonel Kav Aristoteles Hengkeng Nusa Lawitang, Kepala Kankemenag H M Nurul Huda dan tamu undangan lainnya. (Zaenal Faizin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here