Home Politik LAUNCHING PENDAFTARAN BACALEG PKB PACITAN TARGETKAN 7 KURSI LEGISLATIF

LAUNCHING PENDAFTARAN BACALEG PKB PACITAN TARGETKAN 7 KURSI LEGISLATIF

22
0
SHARE

PACITAN – Penjaringan calon legislatif mulai dilakukan partai peserta Pemilu 2019. DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pacitan secara resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg), Kamis (10/5) di Gedung PCNU Pacitan. Dari target 45 caleg untuk DPRD, DPC PKB sudah memastikan 25 di antaranya pada hari tersebut. Seluruhnya secara resmi mengambil formulir pendaftaran dalam kegiatan tersebut. PKB Pacitan sendiri menargetkan mendapat tujuh kursi dewan dalam pemilu serentak 2019.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Pacitan, Isah Ansori menjelaskan launching ini sebagai upaya penjaringan caleg DPRD Kabupaten Pacitan. Pihaknya menargetkan dari enam daerah pemilihan (dapil) di Pacitan dipenuhi sebanyak 45 caleg. Sementara ini pada saat launching tersebut 25 bacaleg sudah resmi mengambil formulir pendaftaran. Dari jumlah tersebut 2 orang merupakan bacaleg perempuan. “Kita menargetkan sekitar 16  bacaleg perempuan atau 30 persen dari target 45 caleg,” ungkap Ansori.

Pria yang juga merupakan mantan kepala Bakesbangpol Kabupaten Pacitan itu mengatakan sebelum pendaftaran caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) bulan Juli mendatang, pihaknya yakin akan mampu memenuhi jumlah target caleg di partainya. Mengingat timnya saat ini masih terus melakukan penjaringan bacaleg di masing-masing dapil. Bahkan Ansori mengaku sudah mengantongi banyak nama yang dipastikan akan menjadi caleg di partainya meskipun saat ini belum secara resmi mendaftar di DPC PKB.

“Sudah, ada beberapa yang memang belum ambil formulir tapi sudah menyatakan kesiapannya,” paparnya.

Pengurus DPC PKB Pacitan lainnya, Nur Aripin meyakini 2019 mendatang partainya akan mengulang kemenangan layaknya pemilu tahun 1999 dan 2004. Saat itu caleg yang berhasil menduduki kursi DPRD Pacitan sebanyak 7 orang. Bahkan mampu memiliki kursi pimpinan dewan, dan pimpinan komisi. Diakui pada pemilu setelah itu partai berlambang bintang sembilan ini tidak mendapatkan kursi akibat konflik internal yang tak kunjung selesai, namun kali ini dia yakin akan mampu mengembalikan kejayaan partainya di Pacitan. Menurutnya modal besar yang saat ini dimiliki adalah hubungan antara PKB dan Nahdliyin yang berada pada posisi paling harmonis. “NU dan PKB sedang mesra-mesranya, dalam sejarahnya NU sebagai rahim PKB membuat kami yakin mampu meraih kemenangan besar,” tegasnya.

Ditemui usai acara, bacaleg PKB, Zainal Abidin mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi pemenangan. Pria yang juga merupakan Ketua Ranting salah satu organisasi pencak silat di Pacitan itu menyebut PKB tengah berada pada posisi terbaik setelah beberapa tahun terakhir minim inovasi. Rebranding yang dilakukan PKB dari pusat sampai ke bawah membuat partai ini lebih nyaman bagi para pemilih pemula. “Langkah Cak Imin membuat PKB dipandang seksi bagi kaum muda, lebih kekinian,” sebutnya.

Dia pun mengakui, Dapil 4 dengan empat nama bacaleg yang saat ini muncul dapat memenangkan mayoritas suara di setiap kecamatan. Zainal sendiri menargetkan mendapat lima ribu suara. Hal ini baginya bukan hal tidak mungkin karena saat ini setiap bacaleg sudah bergerak menghimpun kekuatan dari lini paling bawah. (SEP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here