Beranda Nusantara Seni Budaya Sinergi ISI Surakarta-Vokasional Tremas Kembangkan Seni Kriya Logam

Sinergi ISI Surakarta-Vokasional Tremas Kembangkan Seni Kriya Logam

49
0

Pacitan, Pache News- Lembaga Vokasional Pondok Tremas Pacitan menjadi objek penelitian Tim Peneliti Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Penelitian dosen ini merupakan salah satu penelitian terapan yg lolos didanai oleh ISI Surakarta tahun 2019.

Di lembaga Vokasional ini, mereka melakukan riset dan mengembangkan seni kriya logam dengan memanfaatkan limbah aluminum foil untuk menghasilkan produk kerajinan yang produktif bagi para santri.

Kegiatan riset awal ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tgl 14-15 September 2019 dari rencana riset berkelanjutan hingga awal bulan Oktober tahun 2019.

Penelitian ini diketuai oleh Aji Wiyoko, M.Sn. dari prodi Keris dan Senjata Tradisional, dan beranggotakan  NRA. Candra, M.Sn. dari prodi Televisi dan Film.

Menurut Aji Wiyoko, penelitian ini secara umum bertujuan ingin bersinergi dengan dunia pendidikan pondok pesantren khususnya di Pondok Tremas dalam upaya pengembangan kreativitas dan inovasi produk karya seni yang lebih produktif salah satunya dengan pemanfaatan limbah alumunium foil yang terkadang sangat mudah dijumpai.

Lebih lanjut NR. Ardi Candra juga berpendapat bahwa dengan dukungan penelitian ini ke depannya akan kita jumpai hasil-hasil karya seni ukir logam yang telah berhasil diciptakan oleh para santri pondok Tremas sebagai bagian pengembangan bakat dan minat khususnya di bidang seni bagi santri-santri.

Seperti diketahui, Lembaga Vokasional di lingkungannya Pondok Tremas Pacitan ini memiliki empat jurusan, yaitu komputer, tata boga, otomotif dan kerajinan dan kesenian. Lembaga ini didirikan sebagai wadah para santri yang telah purna belajar di pondok pesantren yang dapat digunakan sebagai bekal kreativitas setelah membaur kelak di masyarakat asal daerahnya. (Red Zaenal Faizin)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.