Beranda Nusantara Seni Budaya Alisa Wahid Resmikan Gusdurian Pacitan

Alisa Wahid Resmikan Gusdurian Pacitan

802
0

Pacitan – Hj Alisa Wahid Koordinator nasional jaringan Gusdurian meresmikan kepengurusan Jaringan Gusdurian Pacitan. Selasa(8/9) Di Pondok Tremas Arjosari Pacitan.

Acara yang dihadiri oleh puluhan pemuda dan aktivis  NU ini mendaulat Hammam Fathulloh atau Gus Hammam dari Pesantren Al Fattah Kikil untuk memimpin komunitas pengagum Gus Dur ini.

Alisa Wahid mengatakan Jaringan Gusdurian mempunyai misi untuk memelihara Nilai, pemikiran, perjuangan GusDur agar tetap hidup dan mengawal pergerakan kebangsaan Indonesia.

Jaringan Gusdurian dilandasi 9 Nilai Gus Dur: Ketauhidan, Kemanusiaan, Keadilan, Kesetaraan, Pembebasan, Persaudaraan, serta Kesederhanaan, Sikap Ksatria, dan Kearifan Tradisi. ” nilai inilah yang selalu dipegang oleh para pengagum Gus Dur” tutur Mbak Lisa sapaan akrabnya.

Lebih lanjut dikatakanya, kedepan jaringan gusdurian pacitan harus mempunyai fokus garapan dari beberapa nilai nilai yang telah ditelurkan oleh Gus dur. Semisal ingin fokus di pemberdayaan kerukunan umat beragama atau fokus pada nilai kebudayaan lokal pacitan.

Jaringan gusdurian adalah arena sinergi bagi para gusdurian di ruang kultural dan non politik praktis. Di dalam jaringan gusdurian tergabung individu, komunitas/forum lokal, dan organisasi yang merasa terinspirasi oleh teladan nilai, pemikiran, dan perjuangan Gus Dur. Karena bersifat jejaring kerja, tidak diperlukan keanggotaan formal.

Jaringan gusdurian memfokuskan sinergi kerja non politik praktis pada dimensi-dimensi yang telah ditekuni Gus Dur, meliputi 4 dimensi besar: Islam dan Keimanan, Kultural, Negara, dan Kemanusiaan.(Zaenal Faizin)

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.