Beranda KE-NUan Apel Bela Negara, Warga NU Pacitan Komit Jaga NKRI

Apel Bela Negara, Warga NU Pacitan Komit Jaga NKRI

574
0

Pacitan – Semarak hari lahir (Harlah) ke 90 Nahdlatul Ulama masih terasa di beberapa daerah di Indonesia. Di Pacitan, Jawa Timur, ribuan Warga NU memeringati Harlah NU dengan melakukan Kirab dan Apel Bela Negara yang dirangkai dengan peringatan Hari Jadi Pacitan ke 271. Kamis siang (18/2).

Ketua PCNU Pacitan KH Mahmud menjelaskan, Apel Bela Negara dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada warga Nahdliyin atas perjuangan dan jasa para ulama yang berperan aktif dalam rangka menegakkan NKRI, baik sebelum kemerdekaan, pasca kemerdekaan hingga dalam mengisi kemerdekaan.

“ Dengan bertambahnya usia NU ini, semoga warga NU semakin besar rasa cintanya terhadap bangsa Indonesia dan bersama-sama membesarkan dan mempertahankan NKRI, dengan berdasar Pancasila dan UUD 1945,” jelas dosen STAI NU Pacitan itu.

Warga NU, Lanjut Kiai Mahmud, berkomitmen membangun pacitan menjadi daerah yang aman, damai dan bebas dari paham radikalisme.” Warga NU Pacitan sepakat melawan segala bentuk gangguan yang mengancam NKRI” ujarnya.

Pelepasan kirab dilakukan di Lapangan Manggala Sakti Kelurahan Baleharjo, depan gedung PCNU Pacitan. Kirab dilepas oleh Rais Syuriah PCNU Pacitan KH Imam Faqih, disaksikan oleh Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Luqman Harits dan jajaran tanfidziyah.

Peserta kirab melewati jalan protokol menuju alun –alun pacitan. Ribuan massa yang terdiri dari anggota banser, Banom NU, dan mahasiswa dengan semangat membaca lantunan shalawat dan sesekali meneriakkan yel-yel, seperti ” NKRI harga mati’, “Nusantara; NU, santri, tentara,” dan “Pancasila Jaya”. Mereka juga membawa spanduk berisi ajakan agar tidak takut dengan segala bentuk terorisme.

Personil keamanan Polres Pacitan dibantu anggota Banser terpaksa melakukan sistem buka tutup kendaraan, pada jalur yang dilalui peserta kirab. Sepanjang jalan yang dilalui peserta kirab, masyarakat pacitan tampak antusias menyambutnya hingga rombongan sampai di Alun-alun kota 1001 goa ini.

Kirab diakhiri dengan kegiatan apel yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0801 Pacitan. Ketua PCNU KH Mahmud secara simbolis menyerahkan Panji-Panji Merah Putih dan Bendera NU kepada Dandim 0801 Pacitan sebagai bentuk komitmen NU bersama TNI untuk turut mengawal kedaulatan NKRI. Acara dipungkasi dengan penampilan pencak silat dari Pagar Nusa Pacitan. (Zaenal Faizin)

 

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.