Beranda Kolom IPNU Pacitan Targetkan Lima Ratus Santri Ikut Makesta

IPNU Pacitan Targetkan Lima Ratus Santri Ikut Makesta

174
0

Pacitan – Pengurus IPNU-IPPNU Pacitan terus berupaya merangkul kembali potensi kader-kader berbasis santri pesantren. Mereka menargetkan lebih banyak lagi para santri pesantren untuk bergabung dengan organisasi pelajar NU. Hal ini selaras dengan arah gerakan IPNU yang didirikan untuk mewadahi organisasi para santri.

Harapan ini disampaikan Ketua IPNU Pacitan Amrudin, mengingat santri pesantren memunyai potensi besar dalam memperbaiki mental bangsa dan menjadikan bangsa lebih bermartabat.

“Sebagai calon pemimpin bangsa, santri perlu menyiapkan diri dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman berorganisasi, salah satunya melalui organisasi IPNU atau IPPNU,” katanya di sela kegiatan Makesta di Pesantren Modern Al-Istiqomah Pacitan, Sabtu (27/2) malam.

Santri merupakan generasi pewaris ulama yang secara kultur mengamalkan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah. Sudah selayaknya para santri diajak untuk turut mengisi struktur IPNU-IPPNU yang merupakan bagian dari keluarga besar NU.

“Kami mengajak para santri pesantren untuk ikut berjuang dalam struktural agar gerakan santri semakin lengkap baik secara kultural maupun struktural,” jelas Amrudin.

Langkah yang ditempuh IPNU-IPPNU Pacitan untuk mewujudkan targetnya, lanjutnya,  di antaranya menjalin komunikasi secara intensif dengan para pengasuh pesantren. Para pengasuh diharapkan memasukkan materi ke-NU-an dan ke-IPNU-an ke dalam kurikulum pesantren atau menyelipkanya saat memberi pengajian kepada para santri.

“Selain itu kita akan terus-menerus melakukan pengaderan melalui Makesta di kalangan santri. Target kami tiap tahunya ada lima ratus santri di Pacitan yang akan bergabung dengan IPNU dan IPPNU,” katanya.

Pimpinan Komisariat (PK) IPNU-IPPNU Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Pacitan dan Komisariat Al-Istiqomah menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di Pesantren Modren Al-Istiqomah Pacitan, Sabtu dan Ahad (27-28/2).

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.